web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Wali Kota Resmikan Kampung Wisata Cibunut Berwarna
    net

    Wali Kota Resmikan Kampung Wisata Cibunut Berwarna

    • Selasa, 28 November 2017 | 05:00:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meresmikan Cibunut Berwarna sebagai kampung wisata di kawasan RW 07 Kelurahan Kebon Pisang Kecamatan Sumur BandungKota Bandung, Senin (27/11/2017).

    Di kampung wisata tersebut, tembok-temboknya diberikan sentuhan cat warna-warni sehingga menghilangkan kesan kumuh.

    "Alhamdulillah, hari ini saya meresmikan kampung bewarna. Kampung Cibunut di RW 07, Kelurahan Kebon Pisang. Wilayahnya luas sekali," ujar Emil.

    Emil memuji Kampung Cibinut yang juga memiliki kios, kafe, serta tempat berkumpul yang dapat membantu meningkatkan roda perekonomian Kota Bandung. Dia berharap nama Cibunut Berwarna bisa menyebar sehingga menjadi objek wisata yang dapat menarik turis untuk datang ke Bandung.

    "Mudah-mudahan bisa dipromosikan menjadi wisata kampung. Di sini kan banyak kios dan kafe-kafe kecil, jadi yang nongkrong tidak hanya foto-foto tapi bisa menyumbang ekonomi lokal melalui jual beli makanan dan minuman," tandas Emil.

    Emil mengaku akan mengevaluasi Cibinut Berwarna secara intens, sehingga bisa diterapkan juga di wilayah-wilayah lainnya, seperti di kawasan Jalan Braga yang menjadin destinasi wisata turis mancanegara.

    "Jika Cibunut terbukti berhasil memberikan income yang besar ke Kota Bandung, bukan tidak mungkin konsep kampung berwarna ini akan diaplikasikan ke kampung-kampung lain di Kota Bandung," kata Emil.

    Cibunut sendiri semula merupakan kawasan kumuh dan kotor yang disulap menjadi sebuah kawasan yang indah, bersih, nyaman dan penuh warna ide tersebut ini datang dari anak muda pengurus Karang Taruna setempat. Sebanyak 300 rumah dicat warna-warni dengan tema berbeda-beda yang menggambarkan Cibunut Berwarna.

    Setiap RT memiliki tema yang berbeda-beda mulai dari cinta perdamaian, lingkungan, pengetahuan dan lain sebagainya. Mural yang dibuat juga menyesuaikan dengan tema yang ada di masing-masing RT.

    Secara swadaya masyarakat mengecat dan menghiasi rumahnya dengan berbagai warna-warni yang indah dan unik. Perpaduan warna dalam tema tersebut membuat semakin cantik kawasan tersebut.

    Cibunut Berwarna bisa terwujud atas kolaborasi dari berbagai pihak, yakni sumbangan dari Ikatan Alumni (IA) ITB Jabar, Ikatan Alumni SMAN 3 Bandung, dan bantuan CSR dari AzkoNobel Decorative Paints Indonesia. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Deklarasi, Rio Wilantara Siap Satukan KNPI Jabar
    Stok Pangan Aman hingga Akhir Tahun
    Warga Tamansari Dipersilakan Gugat Pemkot ke PTUN
    2.000 Personil Siap Amankan Tahun Baru di Bandung
    Emil Janji Tuntaskan Tugas Wali Kota Tahun Depan
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Pilwalkot Bandung 2018