web stats service from statcounter

Hot News

Gedung Sate

    Inspirasi

      Pilgub Jabar Dipastikan tanpa Calon Independen
      net Komisioner KPU Jabar Endun Abdul Haq

      Pilgub Jabar Dipastikan tanpa Calon Independen

      • Selasa, 28 November 2017 | 04:42:00 WIB
      • 0 Komentar

      JuaraNews, Bandung - Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018 dipastikan tidak akan diikuti pasangan calon dari jalur independen.

      Hingga masa penutupan pendaftaran pada Minggu (26/11/2017) pukul 24.00 WIB, tak ada satu pun pasangan calon independen yang memenuhi persyaratan 6,5 persen dukungan dari total jumlah daftar pemilih tetap (DPT) atau sebanyak 2.132.470 dukungan berupa salinan e-KTP atau surat keterangan kecamatan, yang tersebar paling tidak di 15 kota/kabupaten.

      Komisioner KPU Jabar Endun Abdul Haq mengatakan, sebelumnya ada 5 pasangan calon yang menyatakan siap menjadi calon gubernur dan wakil gubernur melalui jalur independen. Mereka menyatakan siap memenuhi semua persyaratannya, yakni menyerahkan minimal 2.132.470 dukungan berupa salinan e-KTP.

      Dari 5 pasangan tersebut, 4 di antaranya telah meminta username dan password Silon (Sistem Informasi Pasangan Calon) kepada KPU Jabar. Keempat pasangan tersebut, yakni yakni pasangan Asep Syarifudin-Dadang Suherman, Egi Sudjana-Ardi Subarkah, Jajang Suherman-Mohammad Teguh Harditya, dan Daday Hudaya-Iwan Ridwan Rahardja.

      Satu pasangan lagi yakni Faizal Multazam dan Nurwendah. Namun tidak ada yang mengunggah datanya dan menyerahkan berkas persyaratan ke KPU, kendatin sebelumnya sudah mengklaim memiliki dukungan dengan jumlah sesuai yang dipersyaratkan.

      Empat pasangan sebenarnya sempat mendatangani KPU Jabar, namun mereka tidak membawa berkas dukungan seperti yang dipersyaratkan. Sehingga pihak KPU tidak memproses keempat pasangan tersebut.

      Pasangan Eggy-Ardi datang justru untuk menyaytakan mengundurkan diri karena tidak bisa memenuhi persyarakat. Sedangan Daday-Iwan, Jajang-Teguh, Faizal-Nurwendah datang tidak membawa berkas dukungan. Faizal-Nurwendah sendiri datang hanya 2 menit sebelum pendaftaran ditutup, yakni Minggu (26/11/2017) pukul 23.8 WIB

      "Mereka tidak membawa berkas syarat dukungan. Seperti B1KWK atau rekap (dukungan), B2KWK itu tidak dibawa. Walau mereka datang tapi syarat utamanya tidak dibawa jadi tidak berlanjut untuk tahap selanjutnya," ucap Endun di kantor KPU Jabar, Jalan Garut Kota Bandung, Senin (27/11/2017).

      Endun menegaskan, syarat minimal dukungan untuk setiap pasangan calon independen minimal 2.123.470 foto copy e-KTP. Tapi semua pasangan calon yang datang tidak bisa menunjukkan bukti dukungan tersebut.
      "Jadi dengan demikian untuk Pilgub Jabar 2018 tidak ada dari calon perseorangan," tandas Endun. (*)

      den

      0 Komentar
      Tinggalkan Komentar
      Cancel reply
      0 Komentar
      Tidak ada komentar
      Berita Lainnya
      Survei eLSID,Uu Cawagub Pendamping Emil Terpopuler
      Asal dari Militer, Sudrajat tak Gentar Ikut Pilgub
      Ketum Golkar Ganti,Emil Harap Dukungan tak Berubah
      Anton Bentuk Posko-Posko Relawan di Jabar
      Demiz Besyukur Sudah Punya Cawagub
      Berita Terdahulu

      Editorial

        Advertisement On Google

        Pilwalkot Bandung 2018