web stats service from statcounter

Hot News

Gedung Sate

    Inspirasi

      Belum Ada Calon Independen Daftar Pilgub Jabar
      net Eggi-Ardi memberikan pernyataan di KPU Jabar

      Belum Ada Calon Independen Daftar Pilgub Jabar

      • Senin, 27 November 2017 | 08:06:00 WIB
      • 0 Komentar

      JuaraNews, Bandung - Masa pendaftaran calon independen pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018, sudah dibuka sejak Rabu (22/11/2017), namun hingga berakhir Minggu (26/11/2017) kemarin, belum ada pasangan yang mendaftarkan diri ke KPU Jabar.

      Komisioner KPU Jabar Endun Abdul Haq mengungkapkan, hingga Minggu (26/11/2017) sore, belum ada pasangan calon dari jalur independen yang berhasil mengumpulkan persyaratannya.

      Pada Pilgub Jabar 2018, kata dia, setiap pasangan calon perseorangan harus mempunyai paling sedikit 2.132.470 dukungan berupa salinan e-KTP atau surat keterangan kecamatan, yang tersebar paling tidak di 15 kota/kabupaten. “Belum ada. Kami tunggu hingga nanti sampai Minggu dini hari (pukul 24.00 WIB), ujar Endun, Minggu (27/11/2017).

      Sebelumnya, Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat mengungkapkan, ada 4 pasangan yang telah meminta username dan password Silon (Sistem Informasi Pasangan Calon) kepada KPU Jabar, yang dibuka sejak 9 November lalu. Silon ini untuk menggungah soft copy bukti dukungan pasangan calon perseorangan, ditujukan untuk mencegah adanya dukungan ganda, baik dalam satu pasangan maupun berlainan pasangan.

      Kempat pasangan yang telah meminta username dan password Silon tersebut, yakni pasangan Asep Syarifudin-Dadang Suherman, Egi Sudjana-Ardi Subarkah, Jajang Suherman-Mohammad Teguh Harditya, dan Daday Hudaya-Iwan Ridwan Rahardja. Namun keempatnya belum ada yang menggunggah data.

      Dari 4 pasangan calon tersebut, malah 1 pasangan mengundurkan diri, yakni Eggy Sudjana- Ardi Subarkah. Eggy-Ardi menyebut syarat yang ditetapkan KPU tidak bisa dipenuhi. “Hari ini, saya mendatangi KPU untuk menyatakan mundur di Pilgub Jabar melalui jalur independen,” kata Eggy seusai mendatangi kantor KPU Jabar, Jalan Garut Kota Bandung, Minggu (26/11/2017), .

      “Saya sudah berusaha maksimal untuk mendapatkan dukungan persyaratan sekitar 2,1 juta. Tapi tak sanggup memenuhi,” tambahnya.

      Sejauh ini, Eggy mengaku baru berhasil mengumpulkan dukungan sekitar 1,5 juta salinan foto copy e-KTP, sementara penyerahan berkas ditutup Minggu (26/11/2017) tengah malam.

      “Karena kami tidak mungkin mengumpulkan suara hingga 1 juta lagi dalam beberapa jam mendatang, maka saya menyatakan mundur dari pencalonan,” tegasnya.

      Mengumpulkan dukungan 1,5 juta, menurut Eggy, sudah dilakukan oleh relawannya sejak 4 bulan lalu. Salah satu kendalanya adalah harus membubuhkan tanda tangan dalam pernyataan dukungan warga. “Biayanya juga mahal,” ucapnya.

      Sebelumnya pada Jumat (24/11/2017) lalu, pasangan Jajang Suherman-Mohammad Teguh Harditya mendatangi Kantor KPU Jabar, namun mereka datang tanpa membawa berkas yang dibutuhkan untuk diverifikasi.
      "Semuanya ya jadi dari nol lagi, karena yang bersangkutan tidak membawa berkas dukungan. Mungkin seharusnya jumlah dukungan bisa sampai 120 kontainer kecil atau 3 mobil boks lah. Harusnya juga bakal calon mengisi Sistem Informasi Pencalonan dan menyerahkan berkasnya sekalian," kata Endun Abdul Haq, Jumat (24/11/2017) lalu. (*)

      den

      0 Komentar
      Tinggalkan Komentar
      Cancel reply
      0 Komentar
      Tidak ada komentar
      Berita Lainnya
      Survei eLSID,Uu Cawagub Pendamping Emil Terpopuler
      Asal dari Militer, Sudrajat tak Gentar Ikut Pilgub
      Ketum Golkar Ganti,Emil Harap Dukungan tak Berubah
      Anton Bentuk Posko-Posko Relawan di Jabar
      Demiz Besyukur Sudah Punya Cawagub
      Berita Terdahulu

      Editorial

        Advertisement On Google

        Pilwalkot Bandung 2018