web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    2018, PLN Targetkan Pasang 100 SPLU di Bandung
    net

    2018, PLN Targetkan Pasang 100 SPLU di Bandung

    • Jumat, 24 November 2017 | 07:23:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - PT PLN Distribusi Jabar menargetkan menambah jumlah Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) menjadi 100 titik di Kota Bandung pada 2018 mendatang.

    General Manager PT PLN Distribusi Jabar Iwan Purwana mengungkapkan, sejak pertama kali diluncurkan pada awal 2017, hingga saaat ini fasilitas SPLU telah terpasang di 15 titik yang telah tersebar pada 11 lokasi di Kota Bandung.

    Di antaranya 2 titik di Taman Cikapundung, 2 titik di Jalan Ir Sukarno, 2 titik di Tamansari, 2 titik di TVRI Bandung, 1 titik di Pasar Jamika, 1 titik di Taman Musik, 1 titik di Taman Makam Pahlawan, 1 1 titik di Pasar Kiaracondong, 1 titik di SMPN 46 Bandung, 1 titik di Pasar Gedebage, dan 1 titik di Alun-alun Ujungberung.

    Dengan adanya SPLU di tengah-tengah masyarakat, Iwan berharap SPLU dapat melayani kebutuhan listrik masyarakat di tempat umum. Seperti untuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) atau pedagang kaki lima (PKL) serta mencegah adanya pencurian listrik yang membahayakan.

    Iwan mengatakan, fasilitas SPLU terbagi menjadi 2 tipe, yakni tipe hook yang dapat ditemui di tiang-tiang milik PLN, dan tipe standing yang menjadi suatu bangunan tersendiri. SPLU tipe hook terdiri dari 2 kWh Meter, sedangkan SPLU tipe standing terdiri dari 4 kWh Meter, dengan tiap meter memiliki daya 5.500 VA dan juga bisa ditingkatkan menjadi 11.000 VA.

    Dengan kapasitas daya tersebut, SPLU mampu menyuplai listrik untuk charging kendaraan listrik yang memiliki daya bervariasi antara 500-2.500 Watt. Sedangkan untuk pengoperasian SPLU mengadopsi sistem prabayar.

    Untuk menggunakannya, masyarakat perlu mengisi pulsa (stroom) kWh meter dengan membeli token listrik melalui Payment Point Online Bank (PPOB), ATM, minimarket, dan lain-lain dengan menyebutkan ID Pelanggan atau nomor kWh Meter yang tercantum di SPLU yang akan digunakan.

    "Pemasangan SPLU sendiri tidak sulit, tinggal menentukan lokasi-lokasi mana yang akan dipasang SPLU, karena bentuknya yang kecil dan minimalis, sehingga tidak banyak makan tempat," ujar Iwan seusai memberikan sambutan dalam acara Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) IX di Politeknik Bandung (Polban), Jalan Ciwaruga, Kota Bandung, Kamis (23/11/2017). (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Pemerintah Ajak Swasta Ikut Percepat Pembangunan
    Pemerintah Genjot Pembangunan Infrastruktur
    Bio Farma Jadwal Ulang Eskpor Vaksin Difteri
    PT SBL-BTN Syariah Gulirkan Dana Talang Umrah
    Vaksin Indonesia Dibutuhkan di Banyak Negara Islam
    Berita Terdahulu

    Editorial