web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Entaskan Kemiskinan lewat Kebijakan Antarprogram
    net ilustrasi

    Entaskan Kemiskinan lewat Kebijakan Antarprogram

    • Kamis, 23 November 2017 | 07:28:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Jakarta - Kemiskinan selalu menjadi tanggung jawab sosial yang perlu diperhatikan dan harus segera dientas.

    Negara berkewajiban untuk melakukan percepatan penurunan angkat kemiskinan dan ketimpangan yang terjadi pada masyarakat.

    "Upaya pengentasan tidak akan berhasil jika bertumpu pada satu pihak, semua bersama-sama berusaha mewujudkan kesejahteraan bagi umat," ucap Deputi bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Tb Achmad Choesni.

    Choesni melihat, saat ini masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan ada sekitar 27,77 juta orang atau 10,64 persen pada Maret 2017. Karena hal inilah pemerintah turut hadir untuk menjalankan amanah Undang-undang pasal 28A Tahun 1945 yang menegaskan bahwa setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan hidup dan kehidupannya, maka pemerintah telah menetapkan program penanggulangan kemiskinan sebagai program prioritas.

    "Upaya pengentasan kemiskinan ini harus menerapkan kebijakan pelengkap yang dilakukan antarprogram. Kebijakan ini dapat diartikan bahwa semakin rendah tingkat kesejahteraan masyarakat, maka semakin banyak manfaat yang didapatkan dari program Pemerintah," katanya.

    Kemenko PMK dalam hal ini telah melakukan langkah-langkah koordinasi dengan Kementerian dan Lembaga terkait, khususnya Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) untuk mendorong percepatan penanggulangan kemiskinan, berbagai upaya telah dilakukan termasuk meluncurkan Basis Data Terpadu (BDT) sampai program padat karya cash yang mengalokasikan dana untuk desa sebesa Rp60 triliun pada 2018 nanti.

    “Hal yang harus digarisbawahi adalah upaya penanggulangan kemiskinan yang dilakukan pemerintah selama 5 tahun mengacu pada 3 strategi utama penanggulangan kemiskinan, yakni mewujudkan sistem perlindungan sosial yang menyeluruh dan terintegrasi, memperluas dan meningkatkan pelayanan dasar bagi masyarakat miskin, serta mengembangkan penghidupan masyarakat yang lebih berkelanjutan,” papar Choesni. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Seorang Tewas dan Ratusan Rumah Rusak akibat Gempa
    Puan: PKH Jangan Dipakai Jajan atau Beli Pulsa
    Perpres Dana Abadi Pendidikan Segera Dituntaskan
    Peringatan Tsunami Dicabut, Warga Diminta Kembali
    Jabar Diguncang Gempa, Warga Diimbau Jauhi Pantai
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google