web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

  • Fokus Seorang Pemimpin
    Fokus Seorang Pemimpin

    MENJADI pemimpin adalah kesempatan berharga karena tidak semua orang berkesempatan menjadi pemimpin dalam suatu entitas bisnis.

    Dana Desa Efektif Percepat Bangun Infrastruktur
    net

    Dana Desa Efektif Percepat Bangun Infrastruktur

    • Rabu, 22 November 2017 | 07:37:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Iwa Karniwa menegaskan, penggunaan dana desa sudah terasa efeknya oleh masyarakat pedesaan.

    Dengan dana desa tersebut, pembangunan infrastruktur menjadi lebih cepat dilaksanakan. “Kalau teman-teman (wartawan) ke Ciamis, Garut, dulu jalan yang becek minta ampun, sekarang sudah aspal. Ini juga menggunakan dana yang bersumber dari pemerintah pusat,” ujar Iwa di Bandung, Senin (20/11/2017).

    Setiap desa di Jabar, mendapatkan dana desa Rp800 juta dari pemerintah pusat, kemudian ditambah dana desa dari Pemprov Jabar Rp100 juta untuk pembangunan infrastruktur desa. Untuk meningkatkan ketahanan pangan di desa, kata Iwa, infrastruktur yang perlu dibangun menggunakan desa adalah irigasi.

    “Diharapkan ke depan, masyarakat bisa meningkatkan ketahanan pangan sehingga pertanian bisa panen dalam waktu setahun penuh, semisal 3 kali, maka irigasi jadi satu di antara solusi,” ujar Iwa Karniwa.

    Selain irigasi, pembangunan infrastruktur prioritas di desa adalah pembangunan jalan karena bsa memperlancar arus barang dan orang. Sehingga produk yang dihasilkan desa dapat sampai di kecamatan atau kota lebih mudah dan murah.

    “Pembangunan jalan, dalam rangka mempercepat arus barang dan orang. Hasil pertenaian dari desa bisa sampai ke kecamatan, ke kota, atau ke ibu kota kabupaten sehingga masyarakat bisa mendapatakan harga wajar. Itu tujuan utama diturunkannya dana desa,” ujarnya.

    Menurut Iwa, saat ini hanya perlu ada pengawasan dari Pemprov Jawa Barat terhadap penggunaan dana desa. etapi di sisi lain, ia juga ingin agar kepala desa tidak takut terhadap pengawasan yang dilakukan Pemprov Jawa Barat atau pemerintah kabupaten masing-masing. Setiap kepala desa tetap memiliki otoritas untuk menggunakan uang tersebut berdasarkan kebijakan masing-masing selama tidak terjadi penyalahgunaan wewenang. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Emil Tampung Aspirasi Petani Indramayu
    Kapolda:13 Informasi Penyerangan Ulama hanya Hoaks
    Istri Emil Kunjungi Keraton Kasepuhan Cirebon
    Petugas Medis Siaga Bantu Korban Banjir Pagarsih
    Pagarsih Kembali Kebanjiran, Pemkot Gerak Cepat
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Gong Xi Fa Chai
      Gong Xi Fa Chai

      JUMAT (16/2/2018) ini merupakan hari istimewa bagi orang-orang Tionghoa atau keturunan China di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

      Advertisement On Google