web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    LPDP Harus jadi Wadah Membangun SDM Indonesia
    net Agus Sartono

    LPDP Harus jadi Wadah Membangun SDM Indonesia

    • Senin, 20 November 2017 | 00:36:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Jakarta - Deputi bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kemenko PMK Agus Sartono mengatakan, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) harus menjadi wadah gotong royong para menteri dalam membangun sumberdaya manusia Indonesia.

    "Kita berharap dana abadi yang nantinya akan diatur dalam Perpres bisa segera difinalisasikan dan kemanfaatannya bisa mendorong pendidikan untuk memiliki inovasi dan riset yang baik," ucap Agus di Kantor Kemenko PMK, Jakarta.

    Sebelumnya, pemerintah telah memiliki rencana induk riset nasional 2015-2045. Hal tersebut kemudian ditindak lanjuti dalam pembahasan Perpres terkait payung hukum bagi penguatan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).
    “Rancangan Perpres ini selanjutnya akan dilaporkan kepada menteri terkait untuk diparaf. Bila dalam waktu seminggu tidak ada perbaikan, maka selanjutnya akan diteruskan kepada Kementerian Hukum dan HAM untuk dikaji dan disahkan oleh Presiden sebagaimana prosedurnya,” kata Agus.

    Agus menjelaskan, tujuan pengalokasian dana abadi pendidikan adalah untuk menjamin keberlangsungan program pendidikan bagi generasi berikutnya sebagai bentuk pertanggungjwaban antargenerasi. "Pemerintah pada 2018 telah mengalokasikan dana APBN untuk Kemenristek Dikti sebesar 41,3 triliun rupiah," ucapnya.

    Selain hal itu, Agus memandang sarana dan prasarana di bidang riset membutuhkan dana yang besar. Apabila ini tidak didukung oleh kegiatan riset yang kuat, inovasi tidak muncul. Inovasi dan riset ini bagaikan dua sisi mata uang yang berbeda. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Seorang Tewas dan Ratusan Rumah Rusak akibat Gempa
    Puan: PKH Jangan Dipakai Jajan atau Beli Pulsa
    Perpres Dana Abadi Pendidikan Segera Dituntaskan
    Peringatan Tsunami Dicabut, Warga Diminta Kembali
    Jabar Diguncang Gempa, Warga Diimbau Jauhi Pantai
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google