web stats service from statcounter

Hot News

  • Persib Siap Raih 3 Poin di Bali
    Persib Siap Raih 3 Poin di Bali
    • 20 Oktober 2018 | 00:30:00 WIB

    PERSIB bertekad meraih poin penuh saat menjamu Persebaya pada laga kandang Pekan 26 Liga 1 2018 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu (20/10/2018).

Inspirasi

    Intensif Ketua RT dan RW di KBB Dinaikkan
    net Bupati Bandung Barat Abubakar

    Intensif Ketua RT dan RW di KBB Dinaikkan

    • Rabu, 15 November 2017 | 07:23:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Pemkab Bandung Barat menaikkan dana intensif bagi para ketua RT dan RW pada Triwulan IV tahun 2017 ini.

    Sebelumnya, para ketua RT hanya menerima insentif Rp 25 ribu per bulan, sekarang naik menjadi Rp75 ribu per bulan, sedangkan ketua RW dinaikkan dari Rp75 ribu menjadi Rp150 ribu per bulan.

    Bupati KBB Abubakar mengatakan, kenaikan intensif ketua RT/RW tersebut dilakukan sesuai kesepakatan dengan pihak DPRD. "Sudah lama insentif ketua RT dan RW tidak dinaikan. Pencairan insentif pada triwulan IV (Oktober, November dan Desember) dibayarkan sekaligus," kata Abubakar seusai menghadiri kegiatan Kunjungan Safari KB dan Pembinaan RT/RW di Gedung Abadihass Lembang, KBB, Selasa (14/11/2017).

    Abu menegaskan, peningkatan nilai intensif tersebut dilakukan karena tugas para ketua RT dan RW cukup berat, terutama dalam menghadapi Pilkada serentak 2018 nnati. Mereka harus mendukung keamanan dan ketertiban di wilayahnya masing-masing.

    "Insentif ini hanya bentuk pengakuan saja, sifatnya stimulan. Dari sisi ekonomi memang kecil, tapi kalau ditotal se-KBB anggaran bantuan keuangan untuk kinerja ketua RT dan RW sangat besar," tuturnya.

    Menurut Abu, insentif bagi ketua RT dan RW, bisa dobel. Selain dalam bentuk bantuan keuangan khusus, juga bisa dari alokasi dana desa (ADD). Sesuai aturan, 30 persen ADD dialokasikan untuk operasional, salah satunya insentif RT dan RW, sedangkan 70 persennya untuk pembangunan fisik.

    Di KBB, untuk 2017 terdapat 8.983 ketua RT dan 2.377 ketua RW yang mendapat bantuan. Untuk tahun depan, Abu mengaku, belum menetapkan soal adanya intensif ketua RT/RW tersebut. "Belum ada rencana untuk pencairan tahun depan per bulan atau tetap sama per triwulan. Baru gaji aparat desa yang dibayarkan setiap bulan," tandas Abu. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Tak sesuai Standar, Kemenhub Tutup Unit Uji KIR
    Pimpin KBB, Akur Siap Jawab Keraguan Masyarakat
    Apdesi KBB Minta Plt Bupati Tidak Lakukan Mutasi
    Terlalu Banyak, Dana Bantuan ke LSM Tak Merata
    Hotel di Lembang Sepi karena Pengaruh Macet
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Info Kota