web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Pemkot Bandung Luncurkan Aplikasi SEHAT
    net Emil meluncurkan Aplikasi SEHAT

    Pemkot Bandung Luncurkan Aplikasi SEHAT

    • Rabu, 15 November 2017 | 04:18:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Guna mempermudah pelayanan dari dokter untuk masyarakat, Pemkot Bandung meluncurkan aplikasi SEHAT atau Sistem Elektronik Aplikasi Rujukan Terpadu.

    Aplikasi SEHAT ini dihadirkan untuk memberikan kemudahan bagi dokter umum dalam konsultasi langsung ke dokter spesialis.

    Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menuturkan, inovasi tersebut memberikan kemudahan bagi para dokter sehingga waktu bagi pasien akan lebih efisien. Dengan konsep digital maka dalam memberikan rujukan untuk berbagai penyakit lebih mudah.

    "Dengan aplikasi ini maka dokter umum yang kesukitan untuk memberikan rujukan atau masukan mengenai penyakit yang dialami oleh pasien. Maka bisa menggunakan aplikasi dengan bertanya dan memberikan penjelasan sesuai penyakit yang diderita oleh pasien," ungkap Emil saat peresmian aplikasi SEHAT di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana Kota Bandung, Selasa (14/11/2017).

    Menurut Emil, dengan memanfaatkan aplikasi tersebut maka akan lebih mudah dalam pelayanan yang juga meringankan biaya kesehatan. "Kesehatan merupakan harta yang paling mahal, sehingga kita mendukung sistem jaminan kesehatan jadi tidak ada hari tanpa inovasi. Karena kenyataannya masih banyak masalah walaupun menjadi rujukan se Jawa Barat," jelas Emil.

    Emil menyebutkan, di Kota Bandung terdapat 32 Rumah Sakit Umum, 75 Puskesmas, 90 klinik utama dan sekitasr 2.500 dokter praktik yang melayani 2,5 juta penduduk Kota Bandung. Sehingga terobosan ini dibutuhkan dalam menghilangkan misskomunikasi yang terjadi.

    "Kota Bandung menjadi kota pertama yang memiliki teknologi konsultasi antardokter, ini sangat penting karena masalah kesehatan sering terjadi di rumah sakit. Dengan sistem aplikasi sehat ini maka membuat dokter itu konsultasi online dengan dokter spesial tanpa bertemu fisik sehingga mereduksi miskomunikasi,"jelasnya.

    Dalam aplikasi ini, terdaftar 30 ribu dokter spesialis, tidak hanya indonesia tapi seluruh dunia. Dan diharapkan dapat merevolusi pelayanan kesehatan di Kota Bandung, Jabar bahkan Indonesia.

    "Saat ini kan biaya kesehatan cukup mahal, dimulai dengan pemeriksaan kesehatan, rawat jalan maupun menembus obat, memakan biaya yang banyak. Maka dari itu hadirnya aplikasi SEHAT insya Allah mempermudah semua urusan kesehatan," ucapnya.

    Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Rita Verita menjelaskan, Aplikasi SEHAT salah satu inovasi Pemkot Bandung untuk pembangunan nasional khususnya dalam pelayanan kesehatan masyarakat.

    "Maka dari itu, dalam rangka meningkatkan aksesibilitas, aplikasi ini sangat membantu sekali para dokter untuk memberikan rujukan maupun pemeriksaan sebaik mungkin," ujarnya.

    Aplikasi tersebut bertujuan mengurangi angka rujukan nonspesialistik dari FKTP ke FKTRL, mengurangi angka antrian di RS, Menguatkan dokter umum di FKTP sebagai gate keeper Sistem Kesehatan Nasional dan sarana transfer of knowledge dari dokter spesialis ke dokter umum di puskesmas. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Atasi Banjir Rancasari,Tanggul Cidurian Diperbaiki
    UMK Kota Bandung 2018 Naik jadi Rp3,09 Juta
    Wali Kota Bandung Sabet Anugerah Ki Hajar 2017
    Kota Bandung Kembali Raih Smart City Award
    Operasi Zebra, Pelanggaran Naik Kecelakaan Turun
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Teladani Semangat Pahlawan
      Teladani Semangat Pahlawan

      HARI Jumat (10/11/2017) ini bangsa Indonesia memeringati Hari Pahlawan. Tanggal 10 November mencatat peristiwa besar.

      Pilwalkot Bandung 2018