web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Kuat di Embu, Kempo Jabar Incar Emas di Randori
    Atlet kempo saat berlatih di lapangan Pajajaran

    Kuat di Embu, Kempo Jabar Incar Emas di Randori

    JuaraNews, Bandung - Dengan potensi kekuatan yang dimiliki, Pengurus Provinsi Persatuan Kempo Indonesia (Perkemi) Jawa Barat bertekad mencuri medali emas dari nomor randori (tarung) pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016. Sementara di nomor embu (jurus), peluang Jabar meraih medali emas lebih terbuka lebar.

    Sekretaris umum (Sekum) Pengprov Perkemi Jabar, Rudi Gunawan menuturkan, selama ini, Jabar dikenal sebagai gudangnya nomor embu. Bahkan peraih medali emas di ajang PON, kejurnas hingga SEA Games berada di Jabar. Tak hanya atlet, Jabar pun memiliki pelatih yang sempat menjadi juara dunia di nomor embu.

    "Di nomor embu, kita punya peluang besar raih emas. Berbeda dengan nomor randori. Kita asah terus atlet agar bisa meraih medali emas di nomor randori," ujar Rudi di lapangan Pajajaran.

    Pada PON XIX/2016, sebanyak 17 medali emas akan diperebutkan dari cabang olahraga Kempo. Jabar pun menargetkan untuk meraih minimal 25 persen dari total medali emas yang diperebutkan.

    "Di PON XVIII/2012 di Riau, kita hanya meraih tiga medali emas. Dan di PON XIX saat Jabar jadi tuan rumah, kita harus lebih baik lagi. Minimal bisa lebih baik dibanding raihan di Riau. Kami ingin ikut berkontribusi pada pencapaian Jabar Kahiji," tuturnya.

    Untuk mencapai target yang sudah dicanangkan, Perkemi Jabar pun sudah melakukan persiapan dan program latihan pemusatan latihan daerah (pelatda). Pada kenshin -atlet Kempo- sudah menggelar pelaksanaan latihan sejak awal tahun 2015 lalu.

    Para kenshi penghuni pelatda PON XIX sendiri merupakan finalis di setiap nomor saat Porda Jabar XII/2014. Dam dari hasil seleksi serta penyaringan, kini tinggal tersisa 36 atlet yang akan kembali dikerucutkan sebanyak 34 kenshi sebagai tim inti. Tim Pelatda Kempo Jabar pun dilatih oleh para pelatih berkualitas.

    "Tiga pelatih kita merupakan pelatih internasional yang sempat menangani tim Myanmar, Vietnam dan Laos. Selain itu, satu pelatih kita pun merupakan pelatih nasional. Jadi kita punya keyakinan bisa mencapai target," tegasnya.

    Dan untuk mematangkan hasil latihan, lanjutnya, para Kenshi Jabar pun akan diikutkan dalam kejuaraan kempo antar kota yang akan digelar di Surabaya pada Mei mendatang. Pada kejuaraan tersebut, Kenhi Jabar akan 'dititipkan' di kota/kabupaten yang mengikuti kejuaraan tersebut.

    "Selain itu, kita pun akan menurunkan full team pada kualifikasi PON XIX pada Oktober 2015, meski kita sudah pasti lolos. Ini menjadi uji tanding terakhir sebelum atlet kita turun di laga sebenarnya di PON," pungkasnya. (*)

    Oleh: ageng rustandi / ang

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Pengamat : Pemerintah Perlu Gandeng Perguruan Tinggi Kaji Pilkada Langsung
    Kolaborasi Kunci Pempov Jabar Tertibkan Aset Daerah
    Sarling di Sukabumi: Atalia Keliling Pasar, Posyandu, hingga Objek Wisata
    Pemerintah Harus Kaji Sistem Pemilu Langsung
    Pengamat Pertanyakan Mekanisme Pemilu Langsung