web stats service from statcounter

Hot News

  • Persib Siap Raih 3 Poin di Bali
    Persib Siap Raih 3 Poin di Bali
    • 20 Oktober 2018 | 00:30:00 WIB

    PERSIB bertekad meraih poin penuh saat menjamu Persebaya pada laga kandang Pekan 26 Liga 1 2018 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu (20/10/2018).

Inspirasi

    Pelaku IKM Keluhkan Sulitnya Bahan Baku
    net

    Pelaku IKM Keluhkan Sulitnya Bahan Baku

    • Selasa, 7 November 2017 | 22:05:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung Barat - Pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) di bidang konveksi mengeluhkan sulitnya memperoleh bahan baku kain. Kondisi itu sudah berlangsung lebih dari tiga bulan sehingga berdampak pada produktivitas perusahaan.

    "Kendala yang kami hadapi sekarang adalah sulitnya bahan baku. Akibatnya proses produksi dan produktivitas menjadi turun," kata pengusaha kerudung asal Kabupaten Bandung Agus Suherman saat berdialog dengan Deputi V Staf Presiden, Jaleswari Pramodhawardani, di Pusat Logistik Berikat (PLB) PT Agility Internasional, di Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (7/11/2017).

    Persoalan menjadi tambah parah setelah banyak pelaku IKM asal Jakarta yang ikut mencari bahan baku ke Kota Bandung. Seperti ke pusat grosir di Pasar Baru. Pihaknya khawatir kesulitan bahan baku ini akan terus terjadi bahkan hingga menjelang puasa atau lebaran nanti. Sebab dimomen itulah biasanya order permintaan meningkat tajam. 

    "Saat ini dampaknya belum terasa, tapi kalau sampai lebaran kami akan rugi besar. Karena itu keberadaan PLB ini diharapkan bisa menyuplai bahan baku ke pelaku IKM," tuturnya. 

    Deputi V Kantor Staf Presiden, Jaleswari Pramodhawardani mengungkapkan saat ini pihaknya tengah menunggu peraturan menteri perdagangan (Permendag) yang mengatur tentang petunjuk teknis PLB yang bisa melayani IKM dalam hal pasokan bahan baku. Diharapkan, peraturan tersebut bisa segera terealisasi agar pelaku IKM bisa mengakses PLB.

    "Adanya PLB ini ke depan harus bisa membantu IKM. Untuk teknisnya kami masih menunggu permendag agar bisa segera diimplementasikan," ucapnya.

    Menurutnya Pusat Logistik Berikat merupakan gudang logistik multifungsi untuk menimbun barang impor dan lokal. Dengan kemudahan fasilitas perpajakan berupa penundaan pembayaran bea masuk. Serta tidak dipungut pajak pertambahan nilai atau pajak penjualan atas barang mewah. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Tak sesuai Standar, Kemenhub Tutup Unit Uji KIR
    Pimpin KBB, Akur Siap Jawab Keraguan Masyarakat
    Apdesi KBB Minta Plt Bupati Tidak Lakukan Mutasi
    Terlalu Banyak, Dana Bantuan ke LSM Tak Merata
    Hotel di Lembang Sepi karena Pengaruh Macet
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Info Kota