web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Proyek Rumah Deret Dihentikan Sementara
    net Emil saat berdiskusi dengan warga RW 11 Tamansari

    Proyek Rumah Deret Dihentikan Sementara

    • Selasa, 7 November 2017 | 07:19:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menghentikan sementara proyek Rumah Deret Tamansari yang rencananya dibangun di RW 11 Tamansari, Kota Bandung.

    Namun menurut Emil, penghentian sementara itu tidak bisa dilakukan terlalu lama. Tap akan kembali dilaksanakan jika sudah ada kesepakatan dengan warga setempat.
    "Saya berhentikan dulu pembangunannya, tetapi tidak bisa lama. Paling dalam hitungan hari, harus sudah sepakat," ujar Emil seusai berdiskusi dengan warga RW 11 di Gedung YPAC, Jalan Tamansari Kota Bandung, Senin (6/11/2017).

    Emil pun mengimbau kepada Ketua Forum RW 11 Tamansari, Nanang untuk berkomunikasi dengan warga mengenai permasalahan rumah deret. Pemkot sendiri memberikan 2 opsi kepada warga, yaitu pindah ke Rusun Rancacili secara gratis atau pindah ke tempat lain dengan diberikan uang kerahiman maksimal Rp26 juta.

    Emil menegaskan, proyek rumah deret ini dikerjakan di tanah milik negara. Pihak Pemkot pun akan memfasilitas warga untuk pindah dengan sebaik-baiknya. "Karena kawasan Tamansari sedang dibangun, otomatis warga RW 11 dipindahkan terlebih dahulu, dipindahkannya pun kami urus. Mau pindah di Rancacili biaya gratis, atau mau cari tempat lain, kami biayai sesuai porsi," tandas Emil.

    Sebagian warga menolak opsi dari pemerintah tersebut. Kantaran dalam jangka waktu 5 tahun setelah menempati rumah deret, warga diwajibkan membayar sewa Rp200 ribu per bulan.
    Warga ingin menempati rumah deret tanpa membayar uang sewa. Namun, Emil engatakan bahwa jika rumah deret digratiskan, maka pihak pemkot akan terkena proses hukum, kaeena , tanah di RW 11 merupakan milik negara.

    "Saya imbau warga jangan menyuruh saya membuat usulan-usulan yang membuat saya melanggar aturan. Kalau rumah deret mau digratiskan tetap saja tidak bisa, ini adalah tanah milik pemerintah," ucap Emil.

    Diskusi sendiri tak berujung dengan kesepakatan. Ketua forum warga RW 11, Nanang mengatakan, warga belum puas dengan hasil diskusi dengan Wali Kota tersebut. "Belum atuh, seminimal mungkin warga tidak rugi, syukur-syukur bisa diganti rugi dan (rumah deret) tersebut bisa menjadi hak milik," ujar Nanang.

    Menurutnya, warga ingin pihak Pemkot memberikan biaya ganti rugi atas pembangunan proyek rumah deret. Dia mencontohkan ketika terjadi pembangunan Balubur Town Square dan Jembatan Pasupati dimana pihak kontraktor memberikan uang ganti rugi kepada warga yang terdampak pada pembangunan.

    Nanang berharap semoga diskon besar dari Pemkot Bandung terkait uang sewa bisa mengubah pemikiran warga RW 11 agar proyek rumah deret dapat berjalan kembali. "Sebab sekecil apapun uang sewanya, itu berat bagi warga," ujar Nanang. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Atasi Banjir Rancasari,Tanggul Cidurian Diperbaiki
    UMK Kota Bandung 2018 Naik jadi Rp3,09 Juta
    Wali Kota Bandung Sabet Anugerah Ki Hajar 2017
    Kota Bandung Kembali Raih Smart City Award
    Operasi Zebra, Pelanggaran Naik Kecelakaan Turun
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Teladani Semangat Pahlawan
      Teladani Semangat Pahlawan

      HARI Jumat (10/11/2017) ini bangsa Indonesia memeringati Hari Pahlawan. Tanggal 10 November mencatat peristiwa besar.

      Pilwalkot Bandung 2018