web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Rahim Asyik Terpilih Jadi Ketua AMSI Jabar
    juaranews/deni mulyana Wenseslaus menyalami Rahim seusai konferwil AMSI

    Rahim Asyik Terpilih Jadi Ketua AMSI Jabar

    • Jumat, 3 November 2017 | 21:50:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Pemimpin Redaksi HU Pikiran Rakyat Rahim Asyik terpilih secara sebagai Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jabar pada , Konferensi Wilayah (Konferwil) I AMSI Jabar periode 2017-2020.

    Dalam konferwil yang digelar di Aula Gedung Pikiran Rakyat, Jalan Asia Afrika Kota Bandung tersebut, Rahim didaulat sebagai ketua secara aklamasi setelah adanya kesepakatan dari 21 peserta perwakilan media online di Jabar, termasuk JuaraNews.com.

    "Saya bersedia, tapi saya perlu bantuan rekan-rekan semua untuk menjalankan organisasi AMSI di Jabar. Maju tidaknya AMSI ini bergantung pada keaktivan para anggotanya," ujar Rahim seusai ditetapkan sebagai Ketua AMSI Jabar.

    Selain menetapkan ketua, Konferwil juga memilih Pemimpin Redaksi (Pemred ) Tribun Jabar Yusran Pare sebagai Ketua Komisi Etik AMSI Jabar dan Pemred Galamedianews.com Rachmat Sudarmaji sebagai Ketua Dewan Pengawas dan Pertimbangan AMSI Jabar. Dalam waktu dekat, Rahim pun segera menyusun kepengurusan AMSI Jabar untuk membantu jalannya organisasi. Seperti jabatan sekretaris, bendahara, dan para ketua bidang sesuai dengan kebutuhan organisasi.
    Peluang Media di Era Digital

    Sebelum digelarnya agenda utama konferwil, dilakukan diskusi bertajuk 'Tantangan dan Peluang Media di Era Digital'. Diskusi kali ini menghadirkan narasumber Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut dan pengurus AMSI lainya, yakni CEO BeritaJatim.com Dwi Eko Lokononto (Lucky), Vice President Director dan Editor in Chief CumiCumi.com Ronny Kusuma, dan Pemred dream.com Ismoko Widjaya.

    Dalam paparannya, Wenseslaus mengatakan di Indonesia ini ada 150 juta orang masuk menggunakan Internet. Sebanyak 116 juta orang menjadi pengguna Facebook. Dan yang sudah menjadi pembaca media digital baru 30 persen.

    “Ada 150 juta orang Indonesia main internet, baru 1/3 yang tergarap. Artinya ada 70-80 juta yang belum digarap. Ini peluang yang sangat besar. Jika ada 1.000 media digital masih belum bisa memenuhi kebutuhan jumlah yang sangat besar itu,” jelas Wenseslaus.

    Dengan demikian, peluang pasar media digital sangat besar dan ini harus bisa dimanfaatkan media digital di daerah. "Tinggal bagaimana media digital bisa membaca apa yang dibutuhkan masyarakat pengguna internet yang jumlahnya sangat besar itu," ujar CEO Kapanlagi Group sekaligus Pimred Merdeka.com.

    “Media-media besar saat ini iklannya sudah bukan banner dan artikel. Tantangan kita lebih besar dari itu. Kita harus bisa meyakinkan pengiklan, jika mengiklan di kita itu sangat menguntungkan,” sambungnya.

    Sedangkan Lucky menyebutkan, ada 2 hal penting yang harus difahami benar oleh pengelola media online. "Karena media online itu bisnis, 2 hal yang sangat dijaga adalah content dan kepercayaan publik. Kita ini perusahaan yang sehat, dan publik harus tahu itu,” ujar Lucky sapaan akrab Dwi Eko Lokononto.

    Sementara itu, Rony Kusuma memaparkan, strategi bisnis media online harus segmented. Artinya, harus membidik segmen tertentu. “CumiCumi juga segmented, fokus menggarap selebritis saja, tapi semua sisi selebritis kita garap,” kata Rony.

    Hal senada disampaikan Ismoko. Menurutnya, media harus bisa merangkul komunitas-komunitas khusus. Strategi ini sudah dibuktikan dengan kesuksesan Dream membidik segmen muslim, dengan konten-konten yang inspiratif dan kontemplatif. “Dan itu efektif, kita sekrang ranking 40-45 di Alexa,” ujar Ismoko. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Terkait
    Berita Lainnya
    2019, Pemprov Janjikan Banjir Rancaekek Teratasi
    Mobil Listrik Evhero buatan Itenas Diluncurkan
    Divonis 1,5 Tahun Penjara, Buni Yani tak Ditahan
    Pradita Institute Jalin Kerja Sama dengan STPB
    Jelang Nataru PT KAI Daop 2 Siapkan 86 KA
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Teladani Semangat Pahlawan
      Teladani Semangat Pahlawan

      HARI Jumat (10/11/2017) ini bangsa Indonesia memeringati Hari Pahlawan. Tanggal 10 November mencatat peristiwa besar.

      Pilwalkot Bandung 2018