Merauke Bisa jadi Produsen Beras Terbesar Nasional
net ilustrasi

Merauke Bisa jadi Produsen Beras Terbesar Nasional

  • Kamis, 2 November 2017 | 06:34:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews, Merauke - Setelah mengunjungi Distrik Sota di perbatasan RI-PNG, Menko PMK Puian Maharani mengunjungi Desa Sarsang Distrik Tanah Miring, Merauke.

Menurut Puan, Merauke memiliki potensi menjadi produsen beras terbesar di Indonesia.

“Kabupaten Merauke, mempunyai potensi lahan persawahan hingga 1,2 juta hektare. Dengan luas lahan itu, Merauke berpotensi menjadi produsen beras terbesar di Indonesia,” ujar Menko PMK. Meski begitu, perlu usaha keras dari semua pihak untuk mewujudkannya. Demikian diungkapkan Menko PMK dalam kunjungannya.

Distrik Tanah Miring yang wilayahnya seluas Provinsi DI Yogyakarta, masyarakatnya mayoritas berprofesi sebagai petani. Karenanya, Menko PMK memberikan bantuan secara simbolis hand traktor sebanyak 5 unit dari BPJS Ketenagakerjaan dan Bank Indonesia. Termasuk satu unit mesin penggiling padi.

Untuk menuju predikat produsen beras terbesar di Indonesia, pemerintah kini tengah memikirkan bagaimana caranya para petani mampu melakukan diversifikasi tanaman pangan di Merauke.

Hal ini dikarenakan faktor cuaca di Merauke yang berbeda dengan wilayah Jawa. Menko PMK berjanji akan mendorong Kementerian Pertanian untuk memberikan bantuan baik berupa alat pertanian hingga sistem dan tanaman pertanian yang cocok di Merauke.

Selain membagikan hand tractor dan mesin penggiling padi, pada kesempatan itu, Menko PMK juga sempat membagikan pupuk sebanyak 20 dus dan puluhan pasang sepatu boot dari Kemenko PMK. Sementara dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak berupa paket untuk anak-anak Desa Sarsang Distrik Tanah Miring.

Di kesempatan yang sama, Menko PMK juga sempat memberikan kuis menghapal Pancasila kepada warga desa. Pada saat itu, Menko PMK menghadiahi 2 magic com, 4 kipas angin dan 4 kompor gas kepada mereka yang hapal Pancasila. (*)

den

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Rupiah Menguat di Tengah Wabah Virus Corona
Pos Indonesia Terapkan Protokol Antisipasi Penyebaran Corona
Antispasi Serangan Virus Corona, Bank BJB Berlakukan Work Form Home
PLN Tetap Siaga Menjaga Pasokan Listrik Masyarakat, di Tengah Merebaknya Covid-19
RUU Cipta Kerja Diperlukan untuk Antisipasi Peningkatan Angka Pengangguran

Editorial