web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Akreditasi Pendidikan 74,8% Optimistis Tercapai
    net Siswa SD saat mengikuti upacara bendera

    Akreditasi Pendidikan 74,8% Optimistis Tercapai

    • Jumat, 27 Oktober 2017 | 05:03:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Jakarta - Pada 2017 ini, pemerintah terus dorong pendidikan dasar agar bisa mencapai 74,8 persen yang berakreditasi minimal B.

    Deputi bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kemenko PMK Agus Santono mengatakan, persentase atau jumlah satuan pendidikan dasar yang terakreditasi bisa mencapai target yang sesuai dengan standar Nasional pendidikan, dalam hal ini juga termasuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

    Sebelumnya, diketahui dari paparan dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud, persentasi sekolah yang terakreditasi minimal B hingga tahun 2016 adalah sebesar 65.5 persen untuk tingkat SD; 72,8 persen untuk tingkat SMP; dan 68 persen untuk tingkat SMA.

    "Ini artinya kita masih mempunyai PR untuk mencapai target yang diinginkan. Tinggal sedikit lagi, saya yakin target RPJMN ini bisa terealisasikan dengan baik tapi dengan catatan," tutur Agus.

    Agus yang saat ini dalam kapasitasnya sebagai pengawal isu pendidikan di Kemenko PMK melihat, dalam menaikkan akreditasi pendidikan perlu sekali melakukan perbaikan tata kelola akreditasi melalui peningkatan peran ekosistem penjaminan mutu pendidikan, dan penggunaan data pokok pendidikan (dapodik) sebagai basis data utama untuk menjadi acuan dalam proses akreditasi.

    "Hal yang lebih penting lagi adalah pengkajian ulang delapan standar nasional pendidikan yang digunakan sebagai instrumen penilaian dalam akreditasi sehingga diperoleh standar mana yang paling dominan berkontribusi pada kualitas pendidikan," jelas Agus.

    Diketahui 8 standar pendidikan tersebut adalah terkait isi, proses, penilaian, kelulusan, pengelolaan, pendidik dan tenaga kependidikan, pembiayaan dan sarana prasarana, hanya sedikit sekolah yang sesuai kriteria. Kemenko PMK sesuai tugasnya telah melakukan langkah koordinasi dengan Kementerian dan lembaga terkait seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; Kementerian Dalam Negeri; Kementerian Agama; Kementerian PPN/Bappenas; dan BAN S/M.

    Terakhir, Agus berharap Program akreditasi pada satuan pendidikan dasar dan menengah bisa dijalankan dengan benar dan sebaik-baik mungkin. "Program akreditasi pada satuan pendidikan dasar dan menengah merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatan mutu pendidikan nasional secara bertahap. Saya berharap bisa dijalankan sebagaimana mestinya dan tidak hanya sebatas formalitas saja," pungkasnya. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Tiap Tahun, Pemprov Jabar Perbaiki 20 Ribu Rumah
    27,77 Juta Orang Masih di Bawah Garis Kemiskinan
    BIJB Kertajati Jadi Pusat Angkutan Logistik
    Jabar Siaga Darurat Bencana Banjir dan Longsor
    Kemenko PMK Kenalkan Sisnas Pemantauan Kekerasan
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Teladani Semangat Pahlawan
      Teladani Semangat Pahlawan

      HARI Jumat (10/11/2017) ini bangsa Indonesia memeringati Hari Pahlawan. Tanggal 10 November mencatat peristiwa besar.

      Advertisement On Google