web stats service from statcounter

Hot News

  • Berebut Puncak Klasemen
    Berebut Puncak Klasemen
    • 24 Oktober 2018 | 09:03:00 WIB

    LAGA PSM menjamu Persib di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Rabu (24/10/2018) sore ini, dijamin berlangsung seru dan sengit.

Inspirasi

    Menko PMK Buka Indonesia Science Expo 2017
    net

    Menko PMK Buka Indonesia Science Expo 2017

    JuaraNews, Jakarta  - Indonesia Science Expo (ISE) 2017, pameran sains terbesar di Indonesia resmi dibuka pada 23 Oktober 2017 oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani di Jakarta

    Ratusan karya riset anak negeri dan beragam kegiatan menarik lainnya unjuk gigi dalam ajang pameran yang diselenggarakan di Balai Kartini Jakarta selama empat hari 23 hingga 26 Oktober 2017.

    Pembukaan ISE diisi pula dengan pemberian penghargaan LIPI Young Scientiest Award (LYSA) 2017 dan penghargaan bagi Peneliti dan Inovator Remaja Berprestasi Internasional Tahun 2017.

    Puan Maharani mengatakan, dana riset mengalami kenaikan meskipun sangat sedikit. Tahun 2015 dana riset 0,08 dari produk domestik bruto (PDB), pada 2016 sebesar 0,20 dari PDB, dan 2017 sebesar 0,25 dari PDB.

    ISE sendiri menampilkan hasil-hasil riset peneliti, baik kementerian dan lembaga negara, perguruan tinggi dan tentunya juga LIPI, serta industri dalam wadah pameran sains. Selain pameran sains, ISE diisi dengan beragam kegiatan antara lain Science Movie, Science Art, Science Show, Games, workshop, talkshow, Youth Science Fair 2017, Science Based Industrial Innovation Award 2017, Pekan Inovasi Teknologi 2017, pameran industri, pameran perguruan tinggi serta lembaga penelitian dan pengembangan, serta konferensi ilmiah (lebih kurang 18 konferensi).

    Sementara khusus untuk Youth Science Fair, kegiatan ini merupakan pertama kali di Indonesia dimana melibatkan para pemenang Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) LIPI 2017, Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI 2017, Loreal Girl’s in Science, dan Kalbe Junior Scientist Award. Sedangkan lebih mengerucut pada LKIR, kegiatan ini telah menjaring proposal sejumlah 3.706. Dari jumlah tersebut ditetapkan 52 finalis (pemenang) yang akan dibimbing oleh peneliti LIPI selama 3-4 bulan.

    Pelaksana Tugas Kepala LIPI Bambang Subiyanto mengungkapkan, dalam konteks pelaksanaan ISE, kegiatan ini merupakan inisiasi dari LIPI dengan menggandeng pihak swasta sebagai promotor dan penyelenggara.

    “Ini merupakan salah satu bentuk kerja sama yang baik antara unsur pemerintah dan swasta. Kita harus terus berupaya agar kerjasama triple helix (perguruan tinggi, lembaga penelitian dan industri) bisa  meningkat, sehingga bisa membuka kemitraan dalam berbagai aspek,” kata Bambang. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Pemprov Jabar Perjuangkan Eksistensi Santri
    Santri Harus Jaga Semangat Resolusi Jihad
    Emil: Selesaikan Bantargebang secara Musyawarah
    DPRD Pertanyakan Operasional TPPAS Legoknangka
    Jokowi Hadiri Peringatan Hari Santri Nasional
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google