web stats service from statcounter

Hot News

  • Pertahankan Posisi di Papan Atas
    Pertahankan Posisi di Papan Atas
    • 22 Juli 2018 | 15:35:00 WIB

    LAGA Barito menjamu Persib, Minggu (22/7/2018) malam, bakal berlangsung sengit dan menarik. Kedua tim bakal habis-habisan untuk meraih kemenangan.

Inspirasi

    Dana Desa Harus Fokus pada Kegiatan Padat Karya

    Dana Desa Harus Fokus pada Kegiatan Padat Karya

    • Selasa, 24 Oktober 2017 | 06:58:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Jakarta - Kemenko PMK menekankan bahwa dana desa harus difokuskan pada kegiatan padat karya sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat desa.

    “Sesuai arahan Presiden Joko Widodo dalam ratas yang dilaksanakan pada 18 Oktober 2017, penggunaan dana desa harus memberi manfaat yang lebih bagi masyarakat desa, uang dana desa harus berada ditangan masyarakat desa, bukan di tangan kontraktor. Untuk itu perlu adanya optimalisasi pemanfaatan dana desa,” ungkap Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Masyarakat, Desa dan Kawasan Kemenko PMK Nyoman Shuida.

    Selanjutnya, untuk mempersiapkan dana desa pada tahun 2018, Nyoman menekankan pentingnya sinergi antar kementerian sehingga dapat mengalokasikan anggarannya bersama. “Selain itu menentukan target desa tahun 2018” ujar Nyoman.

    Hal penting lainnya terkait efektifitas penggunaan dana desa adalah adanya afirmasi untuk desa miskin dengan pendamping yang jelas sistem dan mekanismenya. Terkait laporan kegiatan dan keuangan, Nyoman menjelaskan pentingnya panduan penyederhanaan laporan yang dipersiapkan oleh Kementerian Keuangan dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

    Nyoman juga menekankan pentingnya pengawasan penggunaan dana desa. Menurutnya, pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah tidaklah cukup. “Warga desa perlu ikut serta dalam mengawasi dana desa ini. Mereka sudah dilibatkan dalam musyawarah desa untuk menyusun APBDes, dan rencana kerja pemerintah desa (RKP Desa). Jadi harusnya masyarakat juga ikut mengawasi dalam penggunaan atau pemanfaatan dana desa ini,”

    Terakhir, menurut Nyoman untuk mencegah penyelewengan dana desa dibutuhkan nilai-nilai revolusi menal seperti integritas, gotong royong, dan kerja keras.

    “Nilai-nilai revolusi mental sudah kita masukkan di dalam pelatihan-pelatihan kurikulm para pendamping desa. Saya harap bisa memberi sentuhan kepada pemerintah desa untuk lebih sadar diri,” pungkas Nyoman. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Diperiksa 21 Jam, Status Inneke Masih Saksi
    PPBN Pramuka Bentuk Generasi Muda Patriotik
    Proyek Bendungan Leuwikeris Paket 1 Sudah 30%
    Pemprov Cairkan Bonus untuk Atlet Paralimpik
    Pindah Ke Nasdem, Darus Mundur dari DPR RI
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Memilih
      Selamat Memilih

      PEMILIHAN Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 resmi dihelat Rabu, 27 Juni 2018 ini.

      Advertisement On Google