web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Dana Desa Harus Fokus pada Kegiatan Padat Karya

    Dana Desa Harus Fokus pada Kegiatan Padat Karya

    • Selasa, 24 Oktober 2017 | 06:58:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Jakarta - Kemenko PMK menekankan bahwa dana desa harus difokuskan pada kegiatan padat karya sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat desa.

    “Sesuai arahan Presiden Joko Widodo dalam ratas yang dilaksanakan pada 18 Oktober 2017, penggunaan dana desa harus memberi manfaat yang lebih bagi masyarakat desa, uang dana desa harus berada ditangan masyarakat desa, bukan di tangan kontraktor. Untuk itu perlu adanya optimalisasi pemanfaatan dana desa,” ungkap Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Masyarakat, Desa dan Kawasan Kemenko PMK Nyoman Shuida.

    Selanjutnya, untuk mempersiapkan dana desa pada tahun 2018, Nyoman menekankan pentingnya sinergi antar kementerian sehingga dapat mengalokasikan anggarannya bersama. “Selain itu menentukan target desa tahun 2018” ujar Nyoman.

    Hal penting lainnya terkait efektifitas penggunaan dana desa adalah adanya afirmasi untuk desa miskin dengan pendamping yang jelas sistem dan mekanismenya. Terkait laporan kegiatan dan keuangan, Nyoman menjelaskan pentingnya panduan penyederhanaan laporan yang dipersiapkan oleh Kementerian Keuangan dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

    Nyoman juga menekankan pentingnya pengawasan penggunaan dana desa. Menurutnya, pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah tidaklah cukup. “Warga desa perlu ikut serta dalam mengawasi dana desa ini. Mereka sudah dilibatkan dalam musyawarah desa untuk menyusun APBDes, dan rencana kerja pemerintah desa (RKP Desa). Jadi harusnya masyarakat juga ikut mengawasi dalam penggunaan atau pemanfaatan dana desa ini,”

    Terakhir, menurut Nyoman untuk mencegah penyelewengan dana desa dibutuhkan nilai-nilai revolusi menal seperti integritas, gotong royong, dan kerja keras.

    “Nilai-nilai revolusi mental sudah kita masukkan di dalam pelatihan-pelatihan kurikulm para pendamping desa. Saya harap bisa memberi sentuhan kepada pemerintah desa untuk lebih sadar diri,” pungkas Nyoman. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Tiap Tahun, Pemprov Jabar Perbaiki 20 Ribu Rumah
    27,77 Juta Orang Masih di Bawah Garis Kemiskinan
    BIJB Kertajati Jadi Pusat Angkutan Logistik
    Jabar Siaga Darurat Bencana Banjir dan Longsor
    Kemenko PMK Kenalkan Sisnas Pemantauan Kekerasan
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Teladani Semangat Pahlawan
      Teladani Semangat Pahlawan

      HARI Jumat (10/11/2017) ini bangsa Indonesia memeringati Hari Pahlawan. Tanggal 10 November mencatat peristiwa besar.

      Advertisement On Google