web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Capai SDGs Kesehatan Perlu Kemitraan Multipihak
    net Ghafur Akbar Dharma Putra

    Capai SDGs Kesehatan Perlu Kemitraan Multipihak

    • Minggu, 22 Oktober 2017 | 05:16:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung – Staf Ahli Bidang Sustainable Development Goals Pasca 2015 Kemenko PMK Ghafur Akbar Dharma Putra menyebutkan, terdapat 5 agenda dengan 18 indikator dalam Millenial Development Goals (MDGs) yang belum tercapai oleh Indonesia pada 2015.

    Kelima agenda itu, yakni memberantas kemiskinan dan kelaparan ekstrem; meningkatkan kesehatan ibu; memastikan kelestarian lingkungan; Promote Global Partnership for Development; dan memerangi HIV dan AIDS serta malaria dan penyakit lainnya. Beberapa agenda bidang kesehatan yang belum tercapai di MDGs 2000-2015 ini kemudian dilanjutkan dalam SDGs 2015-2030.

    Menurut Ghafur, SDGS yang berisikan 17 goals dan 169 sasaran pembangunan ini sudah diimplementasikan dalam RPJMN 2014-2019 sehingga diharapkan dapat menjawab ketertinggalan pembangunan yang dialami oleh negara berkembang seperti Indonesia. Misalnya kemiskinan, kesehatan, pendidikan, perlindungan ekosistem laut dan hutan, perkotaan, sanitasi dan ketersediaan air minum. Untuk mencapai SDGs terutama di bidang Kesehatan ini diperlukan dukungan kemitraan dari multipihak.

    “Dukungan multipihak dalam mencapai SDGs di bidang kesehatan ini sangatlah penting. Dengan tercapainya kesuksesan di bidang kesehatan, akan memudahkan proses pembangunan selanjutnya,” ujar Ghafur saat menjadi pembicara pad seminar Upaya Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) di Bidang Kesehatan di Hotel Harris Vertu, Jakarta, Kamis(18/10/2017).

    Sejalan dengan Ghafur, Staf Khusus Menteri Bidang Peningkatan Kemitraan dan SDGs Kementerian Kesehatan Diah Saminarsih dalam paparannya menyebutkan bahwa kemitraan dan strategi yang tepat merupakan kunci utama dalam pencapaian SDGs di Bidang Kesehatan.

    "SDGs akan dapat tercapai secara nasional bila masing-masing regional ataupun individu ikut serta mendorong upaya mencapai keberhasilan SDGs dengan menyamakan visi, perubahan pola pikir serta paradigma masing-masing ke arah yang lebih baik," ujar Diah. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Pemkab Karawang Tanggung Iuran BPJS 65.000 Warga
    171.870 Warga Garut Terdaftar di Program BPNT
    Bendungan Leuwikeris Jadi Penyuplai ke Pertanian
    Gelombang Pasang Mengamuk di Pantai Palabuhanratu
    Pariwisata Penyumbang PAD Terbesar Pangandaran
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Harapan Baru di Tahun Baru
      Harapan Baru di Tahun Baru

      HARI Senin bertepatan dengan tanggal 1 Januari 2018, hampir seluruh umat manusia di dunia ini merayakan malam pergantian tahun atau dikenal dengan malam Tahun Baru.

      Advertisement On Google