web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Pemerintah Turunkan Jumlah Anak Jalanan
    net

    Pemerintah Turunkan Jumlah Anak Jalanan

    • Kamis, 19 Oktober 2017 | 22:29:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Jumlah anak jalanan di Indonesia sudah mengalami penurunan. Pada Agustus 2017 lalu, jumlah anak jalanan berada pada angka 16.416, turun dibanding September 2016 sebanyak 20.719.

    Pelaksanan Tugas (Plt) Asisten Deputi Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga Kemenko PMK Wagiran menjelaskan, walau mengalami penurunan, jumlah anak jalanan terbilang masih cukup banyak.

    “Minimnya anggaran pemerintah daerah (Pemda) dalam penanganan masalah anak jalanan masih menjadi kendala,” ujar Wagiran.

    Selain itu, masih rendahnya komitmen pemerintah daerah dan lembaga legislatif dalam membuat regulasi mengenai anak jalanan juga menjadi masalah lainnya. Karena itu, Wagiran menekankan pentingnya merumuskan strategi percepatan penanganan anak jalanan.

    Salah satu program yang dilakukan oleh Kemenko PMK, yakni Menuju Indonesia Bebas Anak Jalanan 2017 (MIBAJ 2017). Melalui program ini, anak jalanan diarahkan untuk menghabiskan sebagian besar waktunya di lingkungan yang aman dan memanfaatkan waktunya untuk meningkatkan wawasan pengetahuan. Hal ini selanjutnya diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas kehidupan para anak jalanan.

    Selain program tersebut, terdapat program lainnya yang dijalankan oleh kementerian teknis dibawah Kemenko PMK. Kementerian Sosial (Kemensos) telah menyediakan rumah singgah bagi para anak jalanan. Selain itu, kemensos juga menyusun regulasi terkait anak jalanan, menyediakan nomor aduan, dan membentuk tim penjangkauan serta melakukan kampanye edukasi.

    Terakhir, dibutuhkan dukungan seluruh pihak agar permasalahan anak jalanan dapat diselesaikan dengan tuntas. Anak jalanan merupakan isu yang sudah masuk ke dalam RPJMN 2015-2019 sehingga ditargetkan nantinya Indonesia dapat sepenuhnya bebas dari anak jalanan. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Polisi Tembak Seorang Terduga Teroris di Subang
    Pemprov Jabar Dorong Pembebasan Lahan Tol Bocimi
    Iriawan Minta Percepat Efektivitas BIJB Kertajati
    Kampanye Hitam Serang Deddy-Dedi, Ini Kata AHY
    AHY: Nyaris Kalah Lebih Baik dari Nyaris Menang
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Hari Raya Idul Fitri
      Selamat Hari Raya Idul Fitri

      DENGAN rasa suka cita dan senang, kita menyambut Hari Kemenangan, bercampur sedih, karena kita ditinggalkan bulan Ramadan yang penuh berkah.

      Advertisement On Google