web stats service from statcounter

Hot News

Daftar Pemain

  • DAFTAR PEMAIN PERSIB MUSIM 2017
    DAFTAR PEMAIN PERSIB MUSIM 2017

    DALAM mengikuti kompetisi Liga 1 Indonesia 2017, tim Persib Bandung berkekuatan 27 pemain. Berikuti ini daftar lengkapnya.

    Jadwal

      Editorial

      • Teladani Semangat Pahlawan
        Teladani Semangat Pahlawan

        HARI Jumat (10/11/2017) ini bangsa Indonesia memeringati Hari Pahlawan. Tanggal 10 November mencatat peristiwa besar.

        Adu Gengsi PSM versus Persib:
        juaranews

        Adu Gengsi PSM versus Persib:

        • Minggu, 15 Oktober 2017 | 15:47:00 WIB
        • 0 Komentar

        JuaraNews, Bandung - Pertemuan tuan rumah PSM Makassar menjamu Persib Bandung di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu (15/10/2017) malam ini, bakal menjadi laga seru.

        Dalam partai penuh gengsi ini, kedua tim bakal menampilkan permainan terbaiknya untuk meraih kemenangan. Bagi tim Juku Eja, kemenangan bisa mendekatkan mereka ke puncak klasemen untuk bisa meraih gelar juara Liga 1 2017. Sementa bagi Maung Bandung, tambahan 3 poin sangat berarti agar mereka bisa beranjak dari papan tengah menuju papan atas.

        Di papan klasemen, PSM jauh berada di atas tamunya. Tim asuhan Pelatih Robert Rene Alberts nyaman berada di posisi 5 dengan poin 52, berada 6 tingkat di atas Persib di posisi 11 dengan 37 poin.

        Kendati berada di atas angin, Rene Alberts enggan percaya diri berlebihan. Menurut Rene, bagaimana pun Maung Bandung merupakan tim besar di Indonesia, karena itu anak-anak asuhnya harus meningkatkan kewaspadaan selama pertandingan. Apalagi, Persib memiliki banyak pemain berkualitas. Salah satunya marquee player Michael Essien. Bahkan bukan hanya Essein, menurutnya, semua pemain bisa menjadi ancaman bagi timnya dalam meraih poin di kandang.

        “Persib bukan hanya Essien, karena mereka tim besar dengan nama besar, sehingga bukan hanya Essien yang harus diwaspadai,” ujar Rene dalam sesi konferensi pers jelang laga di Makassar, Sabtu (14/10/2017).

        Untuk meredam permainan Maung Bandung, Rene ingin para pemainnya menguasai lini tengah, dimana ada Essien di sana. “Saya harap juga dia (Essien) bisa yang terkunci," tandas Rene.

        Pelatih asal Belanda ini sudah menyiapkan strategi khusus untuk meredam agresivitas permainan Persib. Maung Bandung sendiri dipastikan bakal tampil penuh motivasi tinggi untuk mengejar kemenangan. Di skuat Maung Bandung pun terdapat para pemain yang punya kecepatan tinggi dalam mengkreasikan serangan, seperti pemain muda Febri Hariyadi dan legiun asing Shohei Matsunaga yang beroperasi di sektor sayap.

        Untuk itu, Rene pun sudah menyiapkan pemain yang ditugaskan khusus mengawal para pemain cepat Maung Bandung. Dia adalah Zulkilfi Syukur, yang pernah bermain bersama Persib, beberapa musim lalu.

        "Hingga saat ini Zulkifli masuk dalam rencana. Dia orang yang tepat untuk menempati posisi bek kanan," ujarnya.

        Di kubu tamu, Asisten Pelatih Herrie Setyawan menegaskan, timnya bertekad mencuri 3 angka di Makassar. Dalam meraih target tersebut, Herrie pun akan menurunkan skuat terbaiknya untuk meredam serangan tim Juku Eja yang begitu perkasa saat bermain di kandang. Herrie telah memilih para pemainnya yang memilki etos kerja tinggi dalam starting eleven. Anak-anak asuhnya pun diinstruksikan untuk menekan tim lawan sejak menit-menit awal.

        “Kita akan berusaha semaksimal mungkin dan kita pun persiapkan juga pemain tipikal pekerja keras hadapi PSM, karena PSM setiap main optimal. Kita akan berusaha semaksimal mungkin dan selalu berusaha mendapatkan hasil terbaik,” tutur Herrie dalam sesi konferensi pers.

        Herrie mengaskan, timnya akan bermain dengan semangat tinggi untuk mengakhiri catatan buruk tak pernah menang dalam 5 laga terakhir. Karena itu, tak ada alasan bagi timnya bermain tanpa seadanya pada Pekan 29 Liga 1 2017 ini.

        “Salah kalau mau enjoy saja, kita ingin akhiri hasil draw kita dan pemain memiliki tekad untuk itu. Dan kalau Allah kasih, kita bisa kasih kemenangan,” ujarnya.

        Kendati tidak akan diperkuat 2 pemain andalannya, Dedi Kusnandar dan Raphael Maitimo, Herrie tetap yakin timnya bisa menekan tuan rumah. Menurutnya, ketidakhadiran Dedi bisa digantikan Kim Jeffrey Kurniawan atau Hariono. Sedangkan untuk Maitimo, akan ditutupi oleh peran Michael Essien.

        “Absennya Dedi dan Maitimo, sedikit banyak ada pengaruhnya tapi tim Persib kita itu punya banyak pemain berkualitas dan secara kualitas sama levelnya. Sehingga kita engga terlalu kehilangan. Memang kehilangan, tapi berharap pemain lain tampil maksimal,” papar Herrie.

        Herrie menambahkan, Febri Hariyadi juga masih dipertimbangkan untuk diturunkan. Pasalnya, pemain bernomor punggung 13 ini baru sembuh dari demam dan kondisinya masih harus dipantau jelang laga.

        Herrie sendiri memprediksi laga tandang menghadapi PSM, akan berjalan alot dan seru. Pasalnya, kedua tim memiliki catatan sejarah yang cukup bagus di kandang sepak bola Tanah Air. Persib dan PSM pun mempunyai rivalitas tersendiri selama mengikuti kompetisi.

        Herrie mengakui, timnya harus bekerja ekstra keras untuk meraih kemenangan. Pasalnya, PSM memiliki rekor yang bagus dalam beberapa laga terakhir, khususnya saat berlaga di kandangnya. Kendati demikian, Herrie menegaskan, timnya sudah mengantisipasi hal tersebut.

        "Kita tahu PSM Makassar adalah tim besar, banyak sejarah, kita tidak bisa anggap enteng mereka. Dan kita pun sama-sama tim besar. Jika melihat hasil 2 pertandingan PSM, tentu kita harus bekerja keras. Kita sudah siap antisipasi semuanya," paparnya.

        Herrie menegaskan, posisi di klasemen Persib yang terpaut 6 peringkat di bawah PSM, tidak jadi ukuran PSM bisa dengan mudah mengalahkan Maung Bandung. Timnya, kata Herrie, siap memberikan kejutan kepada tim Juku Eja di hadapan pendukungnya sendiri.

        "Kita tidak akan melihat itu (klasemen), kita akan berusaha dan berjuang seoptimal mungkin. Mudah-mudahan ada hasil terbaik. Siapa yang bermain terbaik, itulah pemenangnya," ucap Herrie.

        Herrie mengaku sudah paham dengan permainan PSM. Hal tersebut, setidaknya diketahui Herrie saat mengawal tim Maung Bandung dalam 4 laga terakhir menghadapi PSM. Dari 4 laga tersebut, Persib berhasil meraih kemenangan, sedangkan 1 laga, yakni di ajang TSC 2016, berakhir dengan hasil imbang.

        Herrie mengatakan PSM sangat berbahaya terutama ketika bola dalam kendali Willem Jan Pluim. Meski begitu, Herrie tak mau hanya memperhatikan pemain jangkung asal Belanda tersebut.

        “Key player sudah tahu, karena sudah berjumpa, jadi antisipasi. Tapi statistik bisa berubah karena kita tahu kekuatan dari PSM,ada di sosok Pluim. Tapi enggal satu saja, semua (pemain) bahaya,” terang Herrie.

        Herrie sendiri menilai memiliki pemain berkualitas di setiap lini. Hampir semua pemain tim Juku Eja juga piawai mencetak gol. “Mereka berbahaya dari belakang, tengah, depan, dan untuk depan ada mantan (pemain) kita (Persib) seperti Ferdinand (Sinaga), Zulham (Zamrun), terus Tibo (Titus Bonai) juga jadi semua harus diwaspadai,” paparnya.

        Persib sendiri memiliki rekor cukup bagus saat menghadapi PSM. Dalam 8 pertemuan terakhir sejak musim 2008, tercatat PSM tak pernah menang menghadapi Persib, di kandang maupun tandang. Dari 8 laga tersebut, Maung Bandung memenangkan 5 laga, dan 3 sisanya berakhir imbang. Sedangkan pada pertemuan terakhir pada Putaran 1 lalu di Bandung, Persib berhasil mengalahkan tim Juku Eja 2-1.

        Sebelumnya juga pada ajang Piala Presiden 2017, Maung Bandung pun unggul dengan skor 1-0. Sementara di ajang TSC 2016, Persib imbang di Makassar 2-2 dan menang di Bandung 3-2. Rekor tandang Persib di Makassar pun cukup baik. Dalam 3 laga tandang terakhir, Persib 2 kali seri dan sekali menang.

        Khusus untuk Rene Alberts, juga memiliki rekor buruk saat menghadapi Persib. Selama menukangi Arema FC dan PSM, Rene belum pernah mengalahkan Maung Bandung. Saat di Arema, 2 laga berakhir imbang 0-0 di Malang dan kalah 1-0 di Bandung pada musim 2009-2010. Begitu juga saat di PSM. Tahun lalu di ajang TSC 2016, Rene kalah 3-2, lalu ditahan imbang 2-2 di Stadion Andi Mattalatta. Di ajang Piala Presiden 2017, Persib pung kembali menang 1-0 di Bandung.

        Namun untuk rekor kandang, PSM begitu superior. Dalam 13 laga, PSM tak pernah sekali pun kalah. Sebanyak 12 laga dimenengi, bahkan 4 laga terakhir berakhir dengan kemenangan besar. Hanya sekali PSM bermain imbang di Stadion Andi Mattalatta, yakni saat bermain 1-1 dengan Barito Putera.

        Sebaliknya, Persib memiliki rekor kandang kurang bagus. Dari 13 laga tandang, Persib hanya mampu menang 2 kali, dan 5 kali seri, sedangkan sisanya 6 laga berakhir dengan kekalahan. Dalam lawatan terakhirnya ke Balikpapan, Persib ditahan imbang 2-2 oleh Persiba.

        Head to Head
        5 Juli 2017            Liga 1 2017     Persib Bandung 2-1 PSM Makassar
        6 Februari 2017     Piala Presiden  Persib Bandung 1-0 PSM Makassar
        29 Oktober 2016    TSC 2016        PSM Makassar 2-2 Persib Bandung
        2 Juli 2016             TSC 2016       Persib Bandung 3-2 PSM Makassar
        30 Mei 2010           ISL                Persib Bandung 2-0 PSM Makassar
        14 Oktober 2009    ISL                 PSM Makassar 2-1 Persib Bandung
        14 Februari 2009    ISL                 Persib Bandung 0-0 PSM Makassar
        15 November 2008 ISL                 PSM Makassar 1-1 Persib Bandung
        5 Laga Terakhir PSM Makassar
        8 Oktober 2017 Pusamania Borneo FC 3-2 PSM Makassar
        2 Oktober 2017 PSM Makassar 4-0 Semen Padang
        27 September 2017 Persipura Jayapura 0-0 PSM Makassar
        22 September 2017 PSM Makassar 5-1 Persegres Gresik United
        17 September 2017 Sriwijaya FC 3-4 PSM Makassar
        5 Laga Terakhir Persib Bandung
        9 Oktober 2017 Persib Bandung 0-0 Barito Putera
        1 Oktober 2017 Persiba Balikpapan 2-2 Persib Bandung
        24 September 2017 Persib Bandung 1-1 Bhayangkara FC
        21 September 2017 Persib Bandung 0-0 Bali United
        9 September 2017 Persib Bandung 2-2 Semen Padang FC

        Rekor kandang PSM
        2 Oktober 2017 PSM Makassar 4 - 0 Semen Padang
        22 September 2017 PSM Makassar 5 - 1 Persegres Gresik United
        10 September 2017 PSM Makassar 4 - 1 PS TNI
        23 Agustus 2017 PSM Makassar 2 - 0 Perseru Serui
        7 Agustus 2017 PSM Makassar 1 - 0 Mitra Kukar
        18 Juli 2017 PSM Makassar 1 - 1 Barito Putera
        9 Juli 2017 PSM Makassar 2 - 1 Bhayangkara FC
        19 Juni 2017 PSM Makassar 1 - 0 Pusamania Borneo FC
        3 Juni 2017 PSM Makassar 5 - 1 Persipura Jayapura
        21 Mei 2017 PSM Makassar 1 - 0 Sriwijaya FC
        10 Mei 2017 PSM Makassar 1 - 0 Arema FC
        30 April 2017 PSM Makassar 1 - 0 Persija Jakarta
        16 April 2017 PSM Makassar 3 - 1 Persela Lamongan

        Rekor Tandang Persib
        22 April 2017 PS TNI 2-2 Persib
        3 Mei 2017 Persegres Gresik United 0-1 Persib
        13 Mei 2017 Semen Padang 0-0 Persib
        31 Mei 2017 Bali United 1-0 Persib
        4 Juni 2017 Bhayangkara FC 2-0 Persib
        18 Juni 2017 Barito Putera 1-0 Persib
        9 Juli 2017 Madura United 3-1 Persib
        15 Juli 2017 Mitra Kukar 2-1 Persib
        29 Juli 2017 Perseru 2-1 Persib.
        12 Agustus 2017 Arema FC 0-0 Persib
        28 Agustus 2017 Persipura Jayapura 0-0 Persib
        4 September 2017 Sriwijaya FC 1-4 Persib
        1 Oktober 2017 Persiba Balikpapan 2-2 Persib

        Klasemen
                                    M  M  S K Gm-Gk  P
        5.   PSM Makassar  28 15 7 6  52-32  52
        11. Persib Bandung 27 8 13 6  34-25  37

        Perkiraan susunan pemain
        Persib Bandung
        Muhammad Natshir, Tony Sucipto, Achmad Jufriyanto, Vladimir Vujovic, Henhen Herdiana, Wildansyah, Hariono, Kim Jeffrey Kurniawan, Michael Essien, Febri Hariyadi, Ezechiel N'Douassel.
        Cadangan: I Made Wirawan, Supardi Nasir, Purwaka Yudhi, Jajang Sukmara, Atep, Gian Zola, Billy Keraf, Shohei Matsunaga
        PSM Makassar
        Syaful; Zulkifli Syukur, Reva Adi Utama, Hamka Hamzah, Steven Renaud Anthony Paulle; Marc Anthony Klok, Rizky Pellu, Willem Jan Pluim, Zulham Zamrun; Ferdinand Sinaga, Pavel Purishkin
        Cadangan: Deny Marsel, Ardan Aras, Hendra Wijaya, Wasyiat Hasbullah, Titus Bonai, Muhammad Arfan, M Rahmat. (*)

        den

        0 Komentar
        Tinggalkan Komentar
        Cancel reply
        0 Komentar
        Tidak ada komentar
        Berita Lainnya
        Dilirik Tim Liga 1, Jasuk Prioritaskan Persib
        Ezechiel: Saya akan Kembali lagi ke Sini
        4 Musim Bela Persib, Vlado Ucapkan Terima Kasih
        Vlado takkan Lagi Perkuat Persib Musim Depan
        Isi Liburan, Maitimo Pulang ke Belanda
        Berita Terdahulu

        Klasemen Liga Indonesia

        Tim M Point
        1 Bhayangkara FC 34 69
        2 Bali United 34 68
        3 PSM Makassar 34 65

        Advertisement On Google