web stats service from statcounter

Hot News

  • Emil Akan Panggil PT Agronesia
    Emil Akan Panggil PT Agronesia
    • 20 September 2018 | 10:04:00 WIB

    GUBERNUR Jabar mengaku tidak mengetahui adanya tunggakan iuran BPJS karyawan PT Agronesia.

Inspirasi

    SMK Harus Prioritaskan Jurusan yang Dibutuhkan
    net Siswa SMK sedang praktik produksi grafika

    SMK Harus Prioritaskan Jurusan yang Dibutuhkan

    • Selasa, 10 Oktober 2017 | 06:06:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Jakarta - Sebagai salah satu pendidikan yang memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan terbaik yang siap kerja, kurikulum serta proses pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) harus memberikan porsi yang lebih besar pada praktik keterampilan.

    “Ke depan, SMK harus di prioritaskan dan fokuskan terhadap jurusan yang benar-benar dibutuhkan,” jelas Menteri Kooridintar Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani.

    Selain berfokus pada penguatan praktik keterampilan, SMK juga harus memastikan lulusannya juga memiliki adaptasi yang baik terhadap pesatnya perkembangan teknologi. Kedua hal ini membuat peran guru menjadi sangat penting. SMK juga dituntut untuk dapat menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan yang langsung dapat dimanfaatkan saat masuk ke dunia kerja.

    Selain berpesan agar SMK dapat fokus pada bidang keterampilan yang aplikatif, Menko PMK juga meminta agar SMK dapat membantu pemerintah memantau program bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP).

    “Saya minta para guru juga ikut memantau agar bantuan KIP yang di terima para siswa harus benar-benar di manfaatkan untuk kebutuhan sekolah seperti membeli buku, sepatu, tas, dan lainnya,” ujar Puan.

    Seperti diketahui, Program Vokasional merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah untuk mempercepat meningkatkan keterampilan sumber daya manusia. Pemerintah pada tahun 2017 telah menunjuk 125 SMK yang memiliki bidang keahlian sesuai dengan prioritas pembangunan nasional yaitu kemaritiman, pariwisata, pertanian, dan industri kreatif.

    Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pemilihan keempat program studi tersebut sudah disesuiakan berdasarkan arah pembangunan ekonomi Indonesia. Keempat sektor tersebut diprediksi akan menyerap tenaga kerja dengan jumlah yang signifikan. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Emil Akan Panggil PT Agronesia
    PT Agronesia Diduga Tilep Dana BPJS Rp3,6 Miliar
    Emil Harus Segera Rombak Birokrasi Pemprov Jabar
    Baru 2 Pekan jadi Gubenur, Emil Dapat Penghargaan
    Tim Sinkronisasi Usulkan 742 Program pada Emil
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google