web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

     Wabup Dorong Potensi Budidaya Ayam Hias di KBB
    yan Wabup KBB Yayat T Soemitra Saat Meninjau Ayam Hias

    Wabup Dorong Potensi Budidaya Ayam Hias di KBB

    JuaraNews, Bandung Barat - Wakil Bupati Bandung Barat Yayat T Soemitra siap mendorong pengembangan budidaya dan peternakan ayam hias di Kabupaten Bandung Barat (KBB). Sebab potensi ayam unik ini diyakini akan menjadi solusi alternatif meningkatkan perekonomian masyarakat.

    "Saya sudah silaturahmi dengan Kang Dadang beserta Pegiat kelompok ternak ayam hias (Kelayas) dan baru mengetahui jika potensi ayam hias ini luar biasa," kata pria yang akrab disapa Kang Yayat ini, Senin (9/10/2017)).

    Yayat mengaku terpesona dengan berbagai ayam hias yang dikelola oleh Kelayas ini. Komunitas ini telah membuktikan hobi beternak ayam hias menjadi ladang pencaharian yang menguntungkan. Harga ayam hias, begitu tinggi dan peminat ayam hias pun bejubel, tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar neger. 

    "Saya mengapresiasi kemandirian peternak ayam hias yang sudah bertransaksi hingga ke mencanegara yang dilakukan oleh Kang Dadang ini," kata dia.

    Dia menyebutkan Dadang Hermawan dan para peternak hebat yang tergabung dalam Kelayas, di Kampung Cicadas RT 01/RW 08 Desa Sarinagen, Kecamatan Cipongkor. Mereka memliki potensi unggul dalam menciptakan peluang usaha.  Disaat potensi ini belum banyak dilirik orang, para peternak Kalayas sudah melangkah jauh. Mereka menangkap peluang dari pasar ayam hias yang begitu terbuka lebar.

    "Insya Allah kedepannya pembudidaya ayam hias seperti ini akan lebih terakomodir lagi. Kemandirian dan kreativitas seperti ini yang akan menjadi modal bagi kemajuan KBB dimasa yang akan datang," imbuhnya.

    Pegiat Kalayas Dadang Hermawan mengungkapkan, dirinya dalam beberapa tahun ini sudah membudidayakan ayam hias. Hasilnya sudah dapat dirasakan. "Beberapa sudah ada yang dijual ke luar negeri," ucapnya.

    Di kandang ayamnya ada belasan jenis ayam hias. Beraneka ragam bentuk dan asalnya. Ada asli Indonesia, ada pula ayam khas beberapa negara yang Dadang dapatkan entah dari mana. "Ini ayam cemani. Semuanya serba hitam, darahnya saja berwarna kehitaman, termasuk kotorannya," sebutnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
     Dihantam Puting Beliung Kantor SKPD Rusak
    Polisi di SPN Polda Jabar Difasilitasi Rumah
    FPII Korwil Kabupaten Bandung Barat Dikukuhkan
    Lima Pejabat Tak Lulus Administrasi Open Bidding
    Pemkab Gencar Sosialisasikan Safari KKBPK
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Pilwalkot Bandung 2018