web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Dinsos Jamin Stok Logistik Untuk Bencana Aman
    net

    Dinsos Jamin Stok Logistik Untuk Bencana Aman

    • Minggu, 8 Oktober 2017 | 21:51:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung Barat - Stok logistik bantuan untuk peristiwa kebencanaan yang ada di gudang logistik Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat (KBB) aman. Hal ini sebagai antisipasi terjadinya bencana mengingat cuaca sudah memasuki musim penghujan. 

    "Logistik bencana sampai kini kondisinya aman seperti sembako, alas tidur, dan selimut," kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat Heri Partomo.

    Heri mengatakan, buffer stock yang ada di Dinsos lebih kepada kebutuhan sembako dan fasilitas dapur unum. Sementara untuk bantuan logistik obatan-obatan dan kebutuhan lainnya disediakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Untuk total jumlah yang tersedia saat ini mencapai 100 paket sembako. "Satu paketnya terdiri dari beras, minyak goreng, serta lauk pauk lainnya," sebutnya. 

    Bantuan buffer stok itu bisa diberikan ketika ada kejadian bencana seperti banjir, longsor, kebakaran, puting beliung, dan bencana lainnya. Mekanisme pengajuannya bisa diusulkan dari RT, RW, desa, hingga kecamatan, baru diusulkan ke Dinas Sosial agar tidak tumpang tindih dengan bantuan yang disalurkan oleh BPBD. "Bantuan yang diberikan memang tidak dalam bentuk uang kecuali untuk santunan kematian yang diberikan ke ahli waris," ucapnya.  

    Terkait keaiapan Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang berada di bawah kewenangan Dinas Sosial,  Heri menyebutkan saat ini ada total 60 personel Tagana di KBB. Mereka adalah Tagana yang direkrut di KBB sebanyak 30 orang dan yang direkrut oleh provinsi 30 orang. “Mereka siap on call 24 jam ketika terjadi bencana maka siap untuk turun,” pungkasnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Tak sesuai Standar, Kemenhub Tutup Unit Uji KIR
    Pimpin KBB, Akur Siap Jawab Keraguan Masyarakat
    Apdesi KBB Minta Plt Bupati Tidak Lakukan Mutasi
    Terlalu Banyak, Dana Bantuan ke LSM Tak Merata
    Hotel di Lembang Sepi karena Pengaruh Macet
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Info Kota

      Pilwalkot Bandung 2018