web stats service from statcounter

Hot News

  • Gomez: Tak Ada Pemain Bintang di Persib
    Gomez: Tak Ada Pemain Bintang di Persib
    • 11 Desember 2017 | 08:42:00 WIB

    MARIO Gomez menilai tim Persib tak terlalu berbeda dengan mantan timnya di Liga Super Malaysia musim lalu, Johor Darul Ta'zim (JDT).

Inspirasi

    Ekonomi Jabar 2018 Diprediksi Tumbuh 5,6 Persen
    net Wiwiek Waskito

    Ekonomi Jabar 2018 Diprediksi Tumbuh 5,6 Persen

    JuaraNews, Bandung - Kepala Kantor Bank Indonesia perwakilan Jabar Wiwiek Warsito mengungkapkan, proyek pembangunan infrastruktur yang tengah digarap Pemprov Jabar bisa memicu pertumbuhan ekonomi hingga 6 persen.

    Bahkan, menurut Wiwiek, pertumbuhan ekonomi Jabar pada 2018 nanti bisa naik dibanding tahun sebelumnya.

    "Ekonomi Jawa Barat akan bisa tumbuh di atas kondisi 2017 yang kita perkirakan 5,4 persen sampai 5,6 persen di 2018. Kalau infrastruktur jalan semua, semua, pertumbuhan ekonomi kita bisa diatas 6 persen," ujar Wiwiek kepada wartawan di sela-sela acara West Java Investor Forum di Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Jumat (6/10/2017).

    Untuk itu, Pemprov Jawa Barat mengundang para calon investor ke West Java Investor Forum. Dalam forum tersebut para calon investor akan diperlihatkan potensi Jabar. Targetnya, para calon investor akan menginvestasikan modal ke proyek infrastruktur yang sedang dibangun.

    Beberapa proyek yang sedang dibangun adalah Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Jalan Tol, LRT, Pelabuhan Patimban, layanan suplai air bersih, dan lain-lain. Saat ini, Pemprov Jabar juga sudah bekerja sama dengan Islamic Development Bank (IDB) yang akan berinvestasi dan mengundang investor lain datang ke Indonesia.
    IDB menyiapkan dana sebesar USD5 miliar untuk pembangunan proyek di Indonesia, baik proyek pemerintah atau swasta.

    "Untuk total (kebutuhan investasi) kita belum punya data yang pasti tapi yang jelas tadi sudah disampaikan ada beberapa potensi-potensi infrastruktur, potensi-potensi proyek yang memang sudah siap dibiayai," ujarnya.

    Ia juga mengatakan, West Java Investor Forum merupakan kelanjutan dari Rakor Pemeritah Pusat Daerah pada pekan lalu. Percepatan pembangunan infrastruktur ini diharapkan tidak hanya meningkatkan pertumbuhan ekonomi tetapi juga pemerataan antara Jawa Barat Utara dam Jawa Barat Selatan. (*)

    Utusan Khusus Presiden RI untuk negara-negara Timur Tengah dan anggota OKI, Alwi Shihab mengatakan, dana sebesar USD5 miliar tersebut disiapkan IDB untuk investasi di Indonesia. Satu di antara tujuan investasi IDB adalah di Jawa Barat.
    "IDB menyiapkan alokasi 5 Miliar Dollar AS untuk proyek di Indonesia, baik proyek swasta atau pemerintah. Ini yang harus kita kejar, memberikan proyek yang bankable, visible sehingga dana enggak nganggur," ujar Alwi.

    Dana tersebut nantinya akan dibelanjakan untuk pembangunan infrastruktur. Beberapa pembangunan infrastruktur besar sedang dibangun di Jawa Barat diharapkan akan menjadi ladang investasi bagi investor dalam negeri maupun luar negeri. Beberapa proyek yang berpotensi mengundang investasi adalah LRT, Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati, Pelabuhan Patimban, Geopark Ciletuh, dan lain-lain.

    "Dana akan dibelanjakan untuk proyek-proyek pemerintah atau swasta, tinggal kita berikan masukan," ujarnya.
    CEO Islamic Corporation for the Development of the Private Sector (ICD), Khaled Al Aboodi mengatakan gelontoran dana tersebut merupakan bagian dari komitmen IDB dan ICD untuk bekerja sama dengan Pemprov Jabar. ICD merupakan bagian dari IDB. "Untuk proyek ini, selama proyeknya bankable, kami siap karena kami sudah komitmen," ujar Khaled.

    Dana tersebut akan disuntikan ke berbagai proyek di Indonesia selama 4 tahun yang dimulai dari 2016. Sebagai bagian dari kerja sama, ICD juga membawa ratusan investor dari negara Timur Tengah untuk mengikuti West Java Investor Forum yang digelar di Gedung Sate, Jumat (6/10/2017) ini. Alwi Shihab pun berharap, forum ini akan menjadi jembatan para investor untuk ikut berinvestasi di Indonesia. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Vaksin Indonesia Dibutuhkan di Banyak Negara Islam
    Pemkot Siap Cairkan Bantuan Dana investasi Rp1,4 M
    Wirausaha Baru Harus Siap Songsong Era Digital
    Brother Indonesia Buka Customer Care di Bandung
    Kebutuhan Pokok Jelang Tahun Baru Aman
    Berita Terdahulu

    Editorial