web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Pemkot Bandung Operasikan Bus Disabilitas
    net ilustrasi

    Pemkot Bandung Operasikan Bus Disabilitas

     

    JuaraNews, Bandung - Pemkot Bandung mengoperasikan bus disabilitas yang resmi diluncurkan di Alun-alun Bandung, Jalan Asia Afrika Kota Bandung, Kamis (5/10/2017).

    Bus ini diluncurkan untuk memudahkan warga khususnya disabilitas untuk memperoleh akses transportasi. Saat ini, tercatat sebanyak 8038 warga disabilitas membutuhkan akses tersebut.

    "Ini merupakan hadiah dari provinsi terkait Kota Bandung yang meraih Wahana Tata Nugraha terkait transportasi di Kota Bandung. Tiga bus disabilitas ini memang sangat dibutuhkan terutama bagi mereka dalam akses transportasi," ungkap Ketua Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM) Kota Bandung Ataliya Praratya saat peluncuran.

    Menurut Atalia, warga disabilitas sering menemui kesulitan ketika hendak berpregian. Oleh karena itu, pihaknya melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak baik PKK dan kewilayahan, dalam merangkul warga disabilitas.

    "Awalnya baru beroperasi hari sabtu dan minggu, Alhamdulilah sekarang sudah bisa setiap hari. Rutenya ada tiga yakni menuju UIN, UPI dan STKS," katanya.

    Ataliya mengagtakan, bus tersebut lebih baik disebut bus inklusi karena yang membutuhkan bukan hanya warga disabilitas tapi juga lansia. Mengingat dalam bus tersebut memiliki spesifikasi yang lebih baik dibanding bus pada umumnya, yakni adanya kursi roda, lift untuk mengangkut dari trotoar dan lain sebagainya.

    Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga menyumbangkan kursi roda kepada bus disabilitas dalam mengoptimalkan pelayanan. Dia berharap bus ini menjadi langkah awal bagi kendaraan lain agar ramah disabilitas.

    "Saya mendorong pemerintah untuk memperbanyak jumlah dan jenis dari kendaraan yang mampu mengangkat teman-teman inklusi. Langkah awal ini harus dilakukan karena melengkapi infrastruktur yang sudah disiapkan oleh Pemkot Bandung," tuturnya.

    Rencananya, bus ini beroperasi mulai pukul 07.00 hingga 16.00 WIB. Pemerintah Kota Bandung menyediakan 3 bus khusus disabilitas dengan 3 rute perjalanan yaitu (Jalan) Sukabumi-UIN, (Jalan) Pajajaran-STKS, (Terminal) Leuwipanjang-UPI.
    Dalam bus yang didesain khusus bagi penyandang disabilitas khususnya yang menggunakan kursi roda ini ada 11 tempat untuk pengguna kursi roda. Terdapat jalur roda khusus di bagian depan bus dan sebuah tali pengikat sehingga pengguna kursi roda tidak perlu khawatir ketika bis berhenti mendadak. Tidak hanya pengguna kursi roda, bus ini juga ramah bagi penyandang disabilitas lainnya seperti tuna rungu, tuna netra, dan tuna wicara.

    Bus ini juga dilengkapi lift hidrolik sehingga memudahkan pengguna kursi roda untuk menaiki bis dan turun dari bis. Bagi yang tidak mempunyai kursi roda, Pemerintah Kota Bandung menyediakan 9 kursi roda bantuan dari perusahaan swasta dan Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC).
    "Jangan khawatir kursinya tidak hanya untuk orang dewasa saja, tapi juga anak-anak," ujar istri Wali Kota Bandung Ridwan Kamil tersebut. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Transportasi Online Tetap Boleh Beroperasi
    Transportasi Online Beroperasi Lagi, Sabtu Besok
    Serempet 5 Motor, Sopir Brio Nyaris Diamuk Massa
    Ini Syarat Bakal Cagub Jabar dari PAN
    Netty Heryawan Ikut Lomba Maraton 21 Kilometer
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Pilwalkot Bandung 2018