web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Punya Potensi Curug Malela akan Terus Dikembangkan
    yanyan Bupati Bandung Barat Abubakar Saat di Curug Malela

    Punya Potensi Curug Malela akan Terus Dikembangkan

    JuaraNews, Bandung Barat – Pemkab Bandung Barat akan melibatkan konsultan dalam penataan objek wisata Curug Malela di Kecamatan Rongga. Tujuannya agar tempat wisata yang dikenal dengan 'Niagara Mini' di KBB ini lebih tertata lagi sehingga lebih banyak wisatawan yang berkunjung. 

    Bupati Bandung Barat Abubakar mengaku, sampai saat ini pengunjung memang belum terfasilitasi dengan baik. Pasalnya saat ini sarana dan prasarana di kawasan lokasi belum memadai bagi pengunjung karena masih terbatas. 

    "Saat ini kami belum menjamin kenyamanan wisatawan yang datang. Untuk itu kedepan kami akan coba berkomunikasi dengan pihak konsultan yang paham soal pengembangan pariwisata," ucapnya, Rabu (4/10/2017).

    Dirinya menargetkan diakhir Rencana Pembangunan Jarak Menengah Daerah (RPJMD) kedua tahun 2018 ini jalan menuju Curug Malela bisa sepenuhnya mulus. Sebab mengacu kepada program Nawacita Presiden Joko Widodo maka pariwisata  menjadi sektor andalan dalam mendongkrak perekonomian masyarakat. 

    "Saya tentunya memiliki tanggung jawab moral agar akses jalan menuju objek wisata ini bisa baik. Dan sudah terbantu dengan adanya CSR dari PLN sebesar Rp225 miliar sehingga jalan-jalan di wilayah selatan sudah tersentuh perbaikan," tandasnya. 

    Kepala Dinas Pariwisata KBB Sri Dustirawati menyebutkan Curug Malela berada di lahan pemerintah daerah, Perhutani, dan lahan desa. Kendati belum dikelola secara maksimal namun kunjungan wisatawan ke Curug Malela setiap tahunnya terus meningkat. "Tahun lalu pengunjung ada 1.800 orang dan tahun ini sudah mencapai 2.657 pengunjung," sebutnya. 

    Sri menerangkan anggaran bantuan dari APBD untuk pengembangan Curug Malela sudah digelontorkan sejak dari 2010 senilai Rp624 juta. Kemudian berlanjut di 2011 sebesar Rp414 juta, 2013 Rp111,25 juta, 2014 Rp220 juta dan 2015 senilai  Rp295 juta. Untuk tahun depan rencananya Pemprov Jabar akan menurunkan bantuan Rp3 miliar. "Kami juga berencana membangun home stay agar wisatawan yang datang ke merasa nyaman," pungkasnya. (*) 

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Ketua Ganti Jabar Berpeluang Jadi Pendamping Elin
     Wabup Dorong Potensi Budidaya Ayam Hias di KBB
    Aher Sebut Foto Bencana Pangandaran di Medsos Hoax
    Uang ADD Rp 162 Juta Milik Desa Ciwaruga Dirampok
    Henry Yosodiningrat Lantik Pengurus DPC Granat KBB
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Pilwalkot Bandung 2018