web stats service from statcounter

Hot News

  • Emil Akan Panggil PT Agronesia
    Emil Akan Panggil PT Agronesia
    • 20 September 2018 | 10:04:00 WIB

    GUBERNUR Jabar mengaku tidak mengetahui adanya tunggakan iuran BPJS karyawan PT Agronesia.

Inspirasi

    Peran LMDH dalam Pengelolaan Hutan Terus Didorong
    yanyan Wabup KBB Yayat T Soemitra Bersama LMDH Cikole

    Peran LMDH dalam Pengelolaan Hutan Terus Didorong

    JuaraNews, Bandung Barat - Wakil Bupati Bandung Barat Yayat T Soemitra mendorong optimalisasi peranan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Hal ini agar potensi wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang memiliki sumber daya hutan melimpah bisa dimaksimalkan. 

    "Saya siap mendorong optimalisasi LMDH agar potensi alam KBB bisa menjadi berkah melalui keberadaan hutannya," ucapnya saat mengunjungi LMDH Cikole, Kecamatan Lembang. 

    Yayat menjelaskan, pemerintah daerah harus mendukung LMDH. Sebab lembaga sosial  kemasyarakatan ini telah nyata mendukung  tercapainya kemandirian melalui kerja sama pengelolaan  sumber daya hutan dengan Perum Perhutani. "Sebagai komunitas masyarakat yang berdomisili di wilayah desa hutan, LMDH memiliki peranan yang sangat besar memanfaatkan sumber daya alam yang dikelola Perhutani," ucapnya. 

    Dia menyontohkan dengan apa yang dilakukan LMDH Cikole Kecamatan Lembang. Lembaga ini mampu menyulap sejumlah titik kawasan hutan menjadi kawasan yang memiliki nilai jual. Alih-alih mengganggu lingkungan hutan, mereka mampu merevitalisasi hutan. 

    "Hutan sebagai salah satu sumber daya alam yang sangat berharga bisa dimanfaatkan berdasarkan biogeografi dan bioklimatiknya," kata Yayat. 

    Ketua LMDH Cikole, Kecamatan Lembang, Ida Suhara mengapresiasi  perhatian dari Wakil Bupati Bandung Barat Yayat T Soemitra yang konsen pada pengembangan ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan hutan. Perhatian yang diberikan tentunya akan sangat memotivasi masyarakat untuk terus bergerak. "Dengan memanfaatkan hutan kami mengelola sejumlah program dan memberdayakan masyarakat di sini," imbuhnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Tak sesuai Standar, Kemenhub Tutup Unit Uji KIR
    Pimpin KBB, Akur Siap Jawab Keraguan Masyarakat
    Apdesi KBB Minta Plt Bupati Tidak Lakukan Mutasi
    Terlalu Banyak, Dana Bantuan ke LSM Tak Merata
    Hotel di Lembang Sepi karena Pengaruh Macet
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Info Kota

      Pilwalkot Bandung 2018