web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Pemkot Bandung Akan Bangun Gedung MTQ di Gedebage
    net Pembukaan MTQ ke-45 tingkat Kota Bandung

    Pemkot Bandung Akan Bangun Gedung MTQ di Gedebage

    JuaraNews, Bandung - Pemkot Bandung berencana membangun gedung khusus untuk pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kota Bandung.

    Gedung yang rencanannya dibangun di wilayah Gedebage tersebut sebagai bentuk rasa syukur karena Kota Bandung berhasil tampil sebagai juara umum MTQ tingkat Jabar, sebanyak 6 kali berturut-turut.

    "Sebagai bentuk syukur atas prestasi 6 piala berturut-turut, Pemkot Bandung akan membangun sebuah gedung untuk menunjang kegiatan MTQ," ujar Sekda Kota Bandung Yossi Irianto yang juga Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Bandung, saat pergelaran MTQ ke-45 tingkat Kota Bandung di Masjid Raya Al Ukhuwah, Jalan Wastukancana Kota Bandung, Selasa (3/10/2017).

    Pembangunan gedung tersebut atas dasar janji Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, sebagai apresiasi akan prestasi Kota Bandung yang telah diraih di ajang MTQ tingkat Jabar. Kota Bandung sendiri tampil sebagai juara umum dimulai pada MTQ ke-29 di Cirebon, kemudian berturut-turut di Bandung, Depok, Karawang, Kuningan, dan terakhir MTQ ke-34/2017 di Tasikmalaya.

    MTQ ke-45 yang dibuka Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial tersebut diikuti 457 peserta dari 30 kecamatan. Ada 7 bidang perlombaan yang dipertandingkan pada MTQ yang digelar mulai 3 hingga 6 Oktober tersebut, yaitu bidang Tilawatil Quran, bidang Hifdzil Quran, bidang Fahmil Quran, bidang Syahril Quran, bidang Tafsir Quran, bidang Khotil Quran, dan bidang Karya Tulis Kandungan Al-Quran.

    Pada bidang Tilawatil Quran, peserta akan dibagi menjadi 5 kategori, yaitu kategori kanak-kanak, remaja, tuna netra, dewasa, dan qiro'ah sab'ah. Sementara pada bidang Hifdzil Quran, peserta dibagi berdasarkan jumlah hafalan juz, yakni kategori 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz, dan 30 juz.

    Pada bidang Tafsir Quran, kategori peserta dibagi menjadi tafsir bahasa Indonesia, bahasa Arab, dan bahasa Inggris. Sementara lomba Khotil Quran atau kaligrafi dibagi menjadi kategori naskah, hiasan, dekorasi, dan kontemporer.

    Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota mengapresiasi kinerja LPTQ Kota Bandung yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, mulai dari pembinaan hingga pelaksanaan. Oded berharap acara ini tidak hanya jadi acara seremonial.

    "Saya berharap dengan MTQ yang kita lakukan setiap 2 tahun sekali ini akan mengantarkan kita kembali menjadi juara umum di tingkat Provinsi Jawa Barat," ucap Oded. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    37 Pengusaha Raih Penghargaan Taat Pajak
    Jamkrindo dan BPR Kota Bandung Teken MoU
    YBM BRI Gelar Pelatihan Kapasitas Pendidik Pontren
    Jelang Tahun Baru, Polisi Amankan 200 Preman
    Masuk Museum Gedung Sate Gratis hingga Akhir Tahun
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Pilwalkot Bandung 2018