web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Bandung Terapkan e-Tilang Berbasis CCTV mulai Rabu
    net Sejumlah kendaraan melanggan di traffick light

    Bandung Terapkan e-Tilang Berbasis CCTV mulai Rabu

    JuaraNews, Bandung - Polrestabes Bandung akan mulai menerapkan elektronik tilang atau e-tilang berbasis pantauan kamera close circuit television (CCTV) di wilayah Kota Bandung, mulai Rabu (4/10/2017) ini.

    Kasat Lantas Polrestabes Bandung AKBP Mariyono menegaskan, pihaknya sudah siap menerapkan cara tilang baru ini. "Mulai besok kita sudah menerapkan tilang CCTV," ujar Mariyono di Mapolrestabes Bandung, Jalan Merdeka Kota Bandung, Selasa (3/10/2017) .

    Dia mengatakan, saat ini infrastruktur kamera pemantau sudah dimiliki Kota Bandung. Sejumlah titik persimpangan jalan sudah dipasangi CCTV lengkap dengan pengerjaan suara. Alat yang dimaksud terhubung ke Area Traffic Control System (ATCS) di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana.

    "Kami sudah siap, kami juga telah berkoordinasi dengn pihak Balai Kota Bandung untuk penerapan tilang ini," kata Mariyono.

    Mariyono menjelaskan, pengendara yang melanggar lalu lintas kemudian tertangkap kamera CCTV, selanjutnya akan difoto nomor polisinya dan akan dilakukan penindakan sesaat setelah melanggar atau mendatangi rumahnya.

    "Tidak semua ditilang, ada yang kami tegur saja, yang ditilang itu adalah pengendara (motor) yang tidak menggunakan kaca spion, tidak menggunakan helm, berboncengan lebih dari satu orang, dan jika berpotensi menimbulkan kecelakaan bagi diri sendiri maupun orang lain," jelas Mariyono.

    Untuk pelanggaran ringan, ujar Mariyono, akan ditegur saja, misalkan melewati Zebra Cross. Sementara untuk roda empat, berhenti di ruang henti khusus (RHK) sepeda motor. "Jenis pelanggarannya yang terlihat secara kasat mata," tandasnya.

    Soal keakuratan data kendaraan, Mariyono menegaskan, data di Samsat sudah akurat sehingga sangat bisa dilakukan tilang CCTV. "Bandung merupakan barometer Jawa Barat, jika Bandung tertib, Insya Allah Jabar juga aman," kata Mariyono.

    Di Kota Bandung sendir, ada 150 unit CCTV dan pengeras suara yang terpasang di 150 titik traffick light, sebanyak 74 CCTV dan pelantang suara berfungsi baik. Sedangkan sisanya masih dalam proses perbaikan. Ke-74 CCTV itu berkamera pengawas statis dan ada pula kamera yang tergolong canggih dengan fitur berputar 360 derajat beresolusi 2 megapiksel dan 4 megapiksel. Seperti di Jalan Ir H Juanda (Dago), Pasteur, dan Setiabudhi. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    37 Pengusaha Raih Penghargaan Taat Pajak
    Jamkrindo dan BPR Kota Bandung Teken MoU
    YBM BRI Gelar Pelatihan Kapasitas Pendidik Pontren
    Jelang Tahun Baru, Polisi Amankan 200 Preman
    Masuk Museum Gedung Sate Gratis hingga Akhir Tahun
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Pilwalkot Bandung 2018