web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Kota Kuno Qalatga Darband Ditemukan

    Kota Kuno Qalatga Darband Ditemukan

    JuaraNews – Qalatga Darband, merupakan kota kuno yang pernah berdiri 2.000 tahun lampau. Kota di tepi laut ini sempat lenyap dari peta dan kembali ditemukan setelah peneliti mempelajari citra satelit.

    Kota Qalatga Darban didirikan pada era Alexander Agung. Namun kota ini lenyap tak berbekas setelah Alexander Agung ditaklukkan pada zaman Irak modern. Penemuan pertama kali dilakukan militer AS dengan menggunakan foto satelit mata-mata yang telah diklasifikasi ulang pada 1960-an dan diumumkan pada 1996. Studi lanjutan pun berhasil mengungkap asal-usul kota tersebut.

    Penemuan Qalatga Darband yang lebih detail dilakukan dalam Program Pelatihan Manajeman Darurat Irak. Tim yang dilatih British Museum, London, Inggris itu dibentuk untuk mengurangi kerusakan di Irak akibat agresi ISIS.

    Proses penemuan diawali pengambilan gambar (foto). Setelah foto-foto terkumpul, tim mengirim pesawat nirawak (drone) ke situs tersebut untuk melakukan konfirmasi. Di sana, drone menemui patung dewa-dewa Yunani-Romawi dan ubin atap terakota. Sementara bangunan utama diperkirakan terkubur di lokasi.

    "Pesawat nirawak tersebut memberikan informasi bagus. Ini masih awal, tapi kami pikir ini akan menjadi kota yang ramai karena letaknya antara Irak dan Iran. Anda bisa membayangkan orang memasok anggur kepada tentara yang lewat," kata Dr John MacGinnis, arkeolog yang memimpin program tersebut.

    Qatga Darband terletak sekitar 10 kilometer (6 mil) tenggara Rania di Kurdistan, Irak. Tim telah melakukan inspeksi lapangan di lokasi tersebut dan mempelajari bangunan persegi besar yang dianggap sebagai benteng. Kemungkinan ada seseorang yang mempunyai jabatan penting terkubur di sini.

    Para peneliti menemukan banyak ubin atap terakota, dan patung-patung Yunani dan Romawi. Ini adalah indikasi bahwa penduduk awal kota itu adalah subjek Alexander. Di antara patung-patung tersebut terdapat sosok perempuan yang diyakini sebagai Persephone, dewi vegetasi Yunani. Patung lainnya diyakini Adonis, simbol kesuburan.

    Mereka juga menemukan koin Orodes II yang berlaku pada masa raja Parthia kurun 57 SM sampai 37 SM. Di sisi barat, kota ini dilindungi oleh sebuah benteng besar yang membentang dari sungai ke gunung. Hal ini terletak di sebuah situs terbuka besar seluas 148 hektar di teras alami. (*)

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Kasus Unik. Keledai Makan McLaren 650S Spider
    Sedang Foto Pernikahan, Pria Ini Tolong Anak-anak
    Robot Kecoa Bantu Manusia saat Bencana
    Lihat Penampakan, Dua Anjing Ketakutan
    Kota Kuno Qalatga Darband Ditemukan
    Berita Terdahulu

    Editorial