web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Kolor Bekas Adolf Hitler Laku Rp89 Juta

    Kolor Bekas Adolf Hitler Laku Rp89 Juta

    JuaraNews – Ditakuti tapi dirindukan, dibenci tapi dicintai. Begitulah sosok pemimpin Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei (Nazi), Jerman, yang meluluhlantakkan Eropa selama Perang Dunia II, Adolf Hitler.

    Buktinya, meski digambarkan sebagai sosok kejam, sang Fuhrer Jerman Raya, pembantai 6 juta kaum Yahudi, tetapi semua benda yang terkait dengan Hitler laku keras dengan harga fantastis. Belum lama ini, kolor bekas pakai milik Adolf Hitler laku Rp89 juta di sebuah lelang di rumah lelang Alexander Historical Auctions, Amerika Serikat.

    Celana pendek putih itu ditinggalkan Hitler di sebuah kamar hotel di Austria. Dia menginap di hotel tersebut pada 3 sampai 4 April 1938, sepekan sebelum Jerman menaklukkan Austria. Selana dengan inisial “A.H” tersebut masih dalam kondisi baik. Pemilik rumah lelang Alexander Historical Auctions, Bill Panagopulos, percaya bahwa celana dalam tersebut dibawa ke binatu hotel dan dikembalikan setelah Hitler dan rombongannya pergi. 

    Celana dengan panjang 48 cm dan lebar pinggang 99 cm tersebut disimpan oleh keluarga pemilik hotel, yang merupakan tempat bergengsi selama hampir 80 tahun. Pelayan Hitler, Karl Wilhelm Krause mengungkapkan bahwa Hitler memang suka menggunakan pakaian longgar. "Saat kami mendapatkannya, celana itu bersih, dibungkus kertas tisu di dalam kotak," kata Panagopulos.

    Sebelum kolor, seragam militer yang terakhir kali digunakan Hitler pada era Nazi Jerman terjual seharga Rp4,1 miliar dalam sebuah acara lelang di Munich. Telepon bekas milik Adolf Hitler dijual dalam sebuah lelang di Alexander Historical Auctions, Kota Chesapeake, Amerika Serikat (AS).

    Telepon milik Hitler itu ditemukan oleh seorang tentara Uni Soviet yang kemudian diberikan kepada Sir Ralph Reyner ketika mengunjungi bungker Hitler di Berlin. Anak Reyner memutuskan menjual telefon berwarna merah dengan lambang Nazi tersebut. Selain lambang Nazi, di telefon tersebut tertoreh nama Adolf Hitler.

    Telepon ini adalah senjata pemusnah massal. Dengan alat komunikasi itu, Hitler memperintahkan prajurit NAZI, Jerman mengivasi senjumlah negara di Eropa, termasuk membantai kaum Yahudi. Rumah lelang Alexander Historical Auctions memperkirakan telepon Adolf Hitler itu, laku USD300.000 atau sekitar Rp4 miliar.

    Sebelumnya, benda yang terkait Adolf Hitler juga ditemukan, yakni buku biografi pertama sang Fuhrer. Buku berjudul Adolf Hitler: His Life and Speeches tersebut ditemukan oleh Profesor Thomas Weber dari Universitas Aberdeen. Biografi tersebut ditulis oleh Hitler sendiri dan diterbitkan pada 1923 atau dua tahun sebelum Mein Kampf.

    Dalam buku tersebut, Hitler digambarkan sebagai sosok suci penyelamat Jerman Raya. Jika benar Adolf Hitler: His Life and Speeches adalah buku biografi pertama Adolf Hitler, berarti sejarah harus direvisi. Sebab selama ini, para ahli dan pemerhati Jerman mendasarkan acuan argumentasi dan analisis mereka terhadap sosok Adolf Hitler dari buku Mein Kampf yang ditulis sang Fuhrer di penjara Landsberg, Bavaria, Austria.

    Kemudian, patung Adolf Hitler sedang berlutut karya seorang seniman asal Italia, Maurizio Cattelan terjual dengan harga sangat fantastis, USD17,2 juta atau Rp229 miliar dalam sebuah lelang di balai lelang Christie's New York, Amerika Serikat, beberapa waktu lalu.

    Patung berjudul Him itu terbuat dari lilin dan resin. Sebelumnya, patung Hitler diperkirakan hanya laku dengan harga antara USD10 juta hingga USD15 juta. Sosok Hitler dengan ukuran tubuh anak-anak tersebut memang unik dan tampak hidup. Patung yang selesai dikerjakan pada 2001 ini mengenakan jas abu-abu.

    Sejak memimpin Nazi dan terpilih sebagai kaselir Jerman sejak 1933 hingga 1945, Hitler bertransformasi menjadi kaisar. Dia mendapat gelar Fuhrer und Reichskandzler. Setiap kata, pikiran, dan tindakan Hitler dipatuhi dan dilaksanakan oleh pengikutnya.

    Sebelum menjadi kaisar Jerman, Hitler adalah veteran Perang Dunia I. Dia bergabung dengan Partai Pekerja Jerman pada 1919. Partai ini kemudian melebur menjadi Nazi. Pada 1921, Hitler menjadi Ketua Partai Nazi. Di bawah kepemimpinan Hitler, Nazi berubah menjadi partai agresif. Bahkan pada 1923, Hitler dan para anggota Nazi melancarkan kudeta yang dikenal dengan peristiwa Beer Hall Putsch, tapi gagal.

    Gara-gara itu, Hitler dijebloskan ke penjara. Di balik jeruji besi, Hitler menulis memoar berjudul Mein Kampf atau Perjuanganku. Dalam buku ini, Hitler ingin memurnikan ras Aria dan membangkitkan kembali kejayaan Jerman raya dengan menaklukkan seluruh daratan Eropa. Salah satu pemikiran Hitler adalah membasmi habis orang-orang Yahudi yang tinggal di Jerman dan Eropa.

    Sosok dan kisah Adolf Hitler telah diangkat dalam beberapa film, baik layar lebar maupun televisi. Seperti, The World at War (1973-1974), Prelude to War (1942), dan World War II (2009). (*)

     

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Kasus Unik. Keledai Makan McLaren 650S Spider
    Sedang Foto Pernikahan, Pria Ini Tolong Anak-anak
    Robot Kecoa Bantu Manusia saat Bencana
    Lihat Penampakan, Dua Anjing Ketakutan
    Kota Kuno Qalatga Darband Ditemukan
    Berita Terdahulu

    Editorial