web stats service from statcounter

Hot News

  • Gomez: Tak Ada Pemain Bintang di Persib
    Gomez: Tak Ada Pemain Bintang di Persib
    • 11 Desember 2017 | 08:42:00 WIB

    MARIO Gomez menilai tim Persib tak terlalu berbeda dengan mantan timnya di Liga Super Malaysia musim lalu, Johor Darul Ta'zim (JDT).

Inspirasi

    Di Star Trek Discovery Ada Wayang Kulit

    Di Star Trek Discovery Ada Wayang Kulit

    • Kamis, 28 September 2017 | 21:42:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews – Ada hal yang membanggakan bagi Indonesia. Budaya bangsa, wayang kulit, menjadi salah satu penghias frame di film serial Star Trek Discovery yang dibintangi Michelle Yeoh. Dalam film itu, Michelle memerankan tokoh Philippa Georgiou, kapten pesawat Shenzhou.

    Kapten Philippa Georgiou hobi mengoleksi sejumlah barang seni, termasuk wayang kulit. Hobi Phillipa ditunjukkan di episode pertama berjudul The Vulcan Hello yang dirilis Minggu 24 September 2017. Ketika Phillipa sedang berbicara dengan kru nomor satu Michael Burnham (Sonequa Martin-Green) di ruangan, tampak wayang kulit berukuran satu meter di salah satu rak pajangan.

    Wayang berkulit hitam ini merujuk kepada tokoh Gatotkaca. Gatotkaca adalah tokoh populer dari babad Mahabarata, adalah satu dari lima anak Wrekudara atau Bima dari keluarga Pandawa. Gatotkaca sering diceritakan sebagai sosok kuat perkasa dan dapat terbang. Dia juga punya sepatu berkulit naga.

    Dalam Star Trek, wayang Gatotkaca muncul dengan kulit hitam. Warna ini, menurut catatan di laman resmi Kemdikbud, menunjukkan bahwa wayang tersebut dibuat dengan gaya kulonan atau Jawa Tengah. Dalam gaya wetanan atau Jawa Timur, kepala Gatotkaca berkulit merah.

    Kemunculan ini sempat memicu obrolan mengenai kebanggaan kedaerahan. Sayangnya, ada perbedaan persepsi antara sejumlah pengguna media sosial Malaysia dan Indonesia, yang  menyebut wayang sebagai warisan budaya dari daerah masing-masing.

    Sekadar untuk diketahui, Michelle Yeoh memiliki nama asli Michelle Yeoh Choo-Kheng. Dia adalah aktris kondang kelahiran Ipoh, Malaysia, 6 Agustus 1962. Berkat prestasinya, dia mendapat gelar kehormatan dari Kerajaan Malaysia, Tan Sri Dato’ Seri Michelle Yeoh Choo-Kheng. Pada 1997, Michelle Yeoh mendapat gelar dari Majaleh People sebagai satu dari 50 Wanita Paling Cantik di Dunia.

    Dia telah berakting di ratusan film, terutama sinema-sinema yang diproduksi para sineas Hongkong. Namanya makin melambung setelah dia berakting di film James Bond: Tommorow Never Dies pada 1997. Tiga tahun kemudian, Michelle Yeoh berakting menawan di film Crouching Tiger, Hidden Dragon pada 2000.

    Karier Michelle Yeoh dimulai saat berusia 20 tahun. Perempuan cantik keturunan China ini menjadi juara di kontes kecantikan Miss Malaysia pada 1983. Pada tahun sama, dia juga memenangi gelar Queen of the Pacific 1983 di Australia. Selanjutnya, dia menjadi wakil Malaysia di kontes Miss World 1983 di London, Inggris.

    Dari sana, dia tampil dalam iklan televisi bersama Jackie Chan. Sejak penampilannya di iklan, banyak tawaran main film dari perusahaan produksi film Hong Kong, D&B Films. Michelle Yeoh memulai karier film Yes, Madam pada 1985. (*)

     

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Festival Baso Juara Kembali Digelar di Bandung
    Coffee Seeker  Tempat Minum Kopi Mahasiswa   
    Ultah ke-18, Mocca Rilis I Remember Format Digital
    It 2 Tayang di Bioskop pada 6 September 2019
    Kristen Stewart Berakting di Charlie’s Angels
    Berita Terdahulu

    Editorial