web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Proyek Fisik di KBB Rawan Pungutan Tak Jelas
    net

    Proyek Fisik di KBB Rawan Pungutan Tak Jelas

    • Rabu, 27 September 2017 | 22:28:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung Barat - Pengerjaan proyek infrastruktur di Kabupaten Bandung Barat rentan pemalakan. Pelakunya bisa oleh oknum warga, LSM/ormas, wartawan, karang taruna, termasuk masyarakat di sekitar lokasi proyek.

    Dalihnya, adalah agar dapat melaksanakan proyek dengan tenang, kontraktor mesti mengeluarkan uang yang nilainya bisa mencapai puluhan juta.

    Pelaksana proyek pembangunan Jalan Sesko AU Lembang, Malih mengaku tak mengalami permasalahan berarti dalam mengerjakan pembetonan jalan. Namun beberapa rekannya sesama kontraktor sering dimintai uang oleh berbagai pihak saat melaksanakan proyek.

    "Kalau saya di sini tidak ada kendala tapi kontraktor teman saya di kecamatan lain di KBB ada yang mengeluhkan soal pungutan liar,” ucapnya.

    Bahkan dari mulai pengukuran jalan, penggunaan alat berat, hingga ketika pembangunan dilaksanakan sejumlah pihak kerap memintai uang kepada kontraktor. Alasannya, uang itu diperlukan untuk biaya koordinasi.

    Mengenai hal ini Bupati Bandung Barat Abubakar menyatakan bahwa penekanan terhadap kontraktor tidak dibenarkan. Meski begitu, menurut dia, ada semacam etika bagi pelaksana proyek untuk memanfaatkan tenaga atau bahan dari masyarakat di sekitar lokasi proyek. Kalau ada kontraktor yang merasa ditekan, dia mengimbau untuk dilaporkan ke pihak berwajib.

    "Saya kira bukan menyangkut KBB saja, di semua daerah juga sama. Ada etika barangkali bisa memanfaatkan tenaga dan bahan dari penduduk lokal. Kalau tujuannya bagus, tentu kami berikan apresiasi. Dan kepada para kontraktor yang merasa ditekan, tentu bisa melapor ke aparat hukum," tuturnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    4.000 Hewan di KBB akan Diberi Vaksin Rabies
    Pelaku Perampokan di Minimarket Diringkus
    Keberadaan Guru Alquran Braille Masih Minim
     Pemda KBB Siapkan Operasi Pasar Beras Murah
    Permintaan Naik, Pasokan Daging Ayam Ditambah 150%
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Hari Raya Idul Fitri
      Selamat Hari Raya Idul Fitri

      DENGAN rasa suka cita dan senang, kita menyambut Hari Kemenangan, bercampur sedih, karena kita ditinggalkan bulan Ramadan yang penuh berkah.

      Info Kota

      Pilwalkot Bandung 2018