web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Si Maung, Maskot Pilwalkot Bandung 2018
    net Peluncuran maskot Pilwalkot Bandung

    Si Maung, Maskot Pilwalkot Bandung 2018

    • Rabu, 27 September 2017 | 17:02:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - KPU Kota Bandung meluncurkan Si Maung, maskot untuk gelaran Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Bandung 2018 di di Alun-alun Ujungberung, Jalan AH Nasution Kota Bandung, Rabu (27/9/2017).

    Maskot tersebut berbentuk harimau lucu berwarna orange dengan memakai kaus warna putih. Si Maung sendiri singkatan dari Mau Memilih Untuk Bandung. Maskot ini merupakan hasil dari sayembara yang dilakukan KPU Kota Bandung beberapa waktu lalu. Si Maung diambil karena paling merepresentasikan Kota Bandung dan Jawa Barat.

    Si Maung dipilih karena makna dari maung atau harimau sangat dekat dengan warga Bandung. Persib Bandung berlambang maung, juga Kodam III/Siliwangi. Karena itulah, menurut Rifki, desain Si Maung menjadi juara dari tujuh desain yang mengikuti sayembara.

    "Si Maung itu identik dengan Bandung dan Jawa Barat. Makanya dipilih," ujar Ketua KPU Kota Bandung Rifki Alimubarok.

    Dengan diluncurkannya maskot tersebut, KPU berharap partisipasi pemilih bisa meningkat pada Pilwalkot tahun depan. Setidaknya dapat meningkatkan angka partisipasi ke 70 persen dari total pemilih yang ada sekitar 1,7 juta pemilih.

    "Makna dari maskot dan jingle ini adalah agar masyarakat dapat menggunakan hak pilih dengan penuh kegembiraan. Naik minimal 5 persen lah (tingkat partisipasinta). 2013 kemarin kan 60 persen, naik ke 65 persen atau maksimal 70 persen," tandas Rifki.

    Acara yang dihadiri Wakil Wali Kota Bandung Odded M Danial tersebut berlangsung meriah. Sebelum diperkenalkan, Si Maung disembunyikan di balik bilik suara. Lalu bilik suara tersebut dibawa oleh para penari tradisional ke tengah lapangan. Sebelum bilik suara dibuka, Oded dan beberapa tamu undangan memotong pita dan pelepasan balon.

    Bertepatan dengan pita di potong Si Maung meloncat keluar dari bilik suara dan menari-nari diiringi dengan para penari tradisional tadi. Si Maung terus menari ketika jinggle baru Pilwalkot Bandung juga dikenalkan.

    Si Maung ini, kata Rifki, diharapkan jadi faktor pembeda untuk menarik minat partisipasi pemilih, terutama para pemilih pemula. "Makna dari maskot dan jingle ini adalah agar masyarakat dapat menggunakan hak pilih dengan penuh kegembiraan," jelasnya. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Waspadai Angin Kencang dari Silkon Tropis Dahlia
    360 PTS di Indoensia Tutup sejak 2015
    2019, Pemprov Janjikan Banjir Rancaekek Teratasi
    Mobil Listrik Evhero buatan Itenas Diluncurkan
    Divonis 1,5 Tahun Penjara, Buni Yani tak Ditahan
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Pilwalkot Bandung 2018