web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

  • Fokus Seorang Pemimpin
    Fokus Seorang Pemimpin

    MENJADI pemimpin adalah kesempatan berharga karena tidak semua orang berkesempatan menjadi pemimpin dalam suatu entitas bisnis.

    Tol Cisumdawu Bisa Mendukung Perkembangan BIJB
    net

    Tol Cisumdawu Bisa Mendukung Perkembangan BIJB

    • Selasa, 26 September 2017 | 23:15:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Sumedang – Proyek tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), di Kabupaten Sumedang, dikontrol oleh Wagub Jabar Deddy Mizwar, Selasa (26/9/2017). Lokasi yang ditinjau adalah pada titik pengerjaan tunnel atau terowongan (twin tube) sepanjang 472 m.

    Untuk tunnel kiri di jalur arah Sumedang progress pengerjaannya sudah sejauh 79 m. Sementara untuk terowongan sebelah kanan  yang mengarah ke Cileunyi sedang dalam pengerjaan 'steel pipe heading arch.' Adapun konstruksi Jembatan Cinapel, saat ini sedang dalam tahap pengecoran pilar.

    Pembangunan tol Cisumdawu yang memiliki panjang 61,10 km ini terdiri dari seksi I sampai dengan seksi VI. Direncanakan akan menghubungkan jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dan jalan tol Palimanan-Kanci yang sekarang telah beroperasi, juga menyambung dengan Tol Trans Jawa.

    Tak kalah strategis, Cisumdawu juga merupakan salah satu akses menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka. "Keberadaan BIJB akan maksimal dengan keberadaan Tol Cisumdawu ini," kata wagub.

    Cisumdawu dibangun dengan konstruksi dukungan Pemerintah 28,50 km dan BUJT 32,60 km. Tol ini ditargetkan beroperasi 2019. Adapun Biaya investasi dari BUJT Rp 8,41 triliun, biaya konstruksi Rp. 5,58 triliun, dan biaya tanah Rp. 4,8 Triliun.

    Enam Seksi pembangunan yang ada, diantaranya Seksi I Cileunyi- Rancakalong 12,025 km, Seksi II Rancakalong-Sumedang 17,05 km, Seksi III Sumedang-Cimalaka 3,750 km, Seksi IV Cimalaka-Legok 8,200 km, Seksi V Legok-Ujung Jaya 16,420 km, Seksi VI Ujung Jaya-Dawuan 4,230 km.

    "Semestinya pada April 2019 selesai semua seksi I- II ini, kemudian seksi III, IV, V, VI ditargetkan selesai November 2019," tuturnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Kapolda:13 Informasi Penyerangan Ulama hanya Hoaks
    Istri Emil Kunjungi Keraton Kasepuhan Cirebon
    Petugas Medis Siaga Bantu Korban Banjir Pagarsih
    Pagarsih Kembali Kebanjiran, Pemkot Gerak Cepat
    Demul Ingin Bangun 4 Rumah Sakit setara RSHS
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Gong Xi Fa Chai
      Gong Xi Fa Chai

      JUMAT (16/2/2018) ini merupakan hari istimewa bagi orang-orang Tionghoa atau keturunan China di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

      Advertisement On Google