web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

     TPST Bantar Gebang Diprediksi akan Segera Penuh
    net

    TPST Bantar Gebang Diprediksi akan Segera Penuh

    • Jumat, 22 September 2017 | 23:57:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bekasi - Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Kota Bekasi diprediksi akan segera penuh. Bahkan TPST ini dipastikan tidak akan sanggup menampung pembuangan sampah warga DKI Jakarta hingga 2027.

    "Kalau sampahnya hanya ditumpuk saja, perkiraan akan penuh baru akan terjadi 10 tahun mendatang," tutur Unit Pelaksana Teknis TPST Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto.

    Menurutnya sampah yang kini ditangani pihaknya mencapai rata-rata 6.500-6.700 ton per hari. Sampah tersebut ditumpuk pada lahan seluas 110 hektare yang terbagi di tiga wilayah kelurahan, yakni Sumurbatu, Ciketing Udik, dan Cikiwul Kecamatan Bantar Gebang.

    Pengolahan sampah tersebut masih memanfaatkan sistem konvensional berupa penumpukan menyusul teknologi tumpukan sampah atau "sanitary landfill" masih dalam tahapan lelang.

    "Kalau sistem sanitary landfill dan geomembran sudah berjalan, umur TPST Bantargebang diproyeksikan bisa lebih panjang, yakni berakhir pada 2032," sebutnya.

    Dia mengatakan teknologi itu disiapkan pihaknya menggunakan APBD DKI Jakarta 2017 sebesar Rp 13 miliar. Sedangkan alat geomembran sebagai penutup tumpukan sampah menghabiskan dana Rp 15 miliar.

    "Dengan fasilitas geomembran ini, otomatis gundukan sampah yang kini setinggi 20-25 meter akan menyusut karena terhalang hujan," tandasnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Pemprov Antisipatif Sikapi Transportasi Online
    Kemenko PMK Terus Kaji Langkah Pembiayaan BPJS
    Persiapan Asian Games 2018 sesuai Target
    9 Juta Balita Gagal Tumbuh akibat Kekurangan Gizi
    Bahaya Pornografi Sama dengan Terorisme
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google