web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Sektor Pertanian Terancam Kehilangan Penerus
    net

    Sektor Pertanian Terancam Kehilangan Penerus

    • Jumat, 22 September 2017 | 23:52:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Sukabumi – Pemkot Sukabumi mengaku cemas lahan pertanian di Kota Sukabumi terancam terlantar. Hal ini karena lahan pertanian kini hanya digarap petani lanjut usia.

    “Regenerasi profesi petani tidak  berjalan karena anak mudanya banyak yang pergi ke kota atau kerja dipabrik,” kata Walikota Sukabumi Mohamad Muraz, Jumat (22/9/2017).

    Muraz mengatakan, anak muda saat ini tidak tertarik menggarap lahan pertanian yang sebelumnya dikelola orangtuanya. Mereka meninggalkan lahan pertanian dan beralih profesi menjadi buruh pabrik.

    Dari data Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Kota Sukabumi jumlah petani yang tersebar di tujuh kecamatan kini hanya menyisakan kurang dari 5.000 orang.

    Para petani tersebar di 150 kelompok tani itu, rata-rata berusia sekitar 40 hingga 60 tahunan. Kendati masih ada  petani berusia 70 tahunn tapi kinerja sudah tidak optimal. Kalau pun ada para petani muda lebih memilih profesi sebagai  petani sayur mayur. Saat ini Di sisi lain para pemuda sudah jarang yang tertarik menjadi petani.

    “Sebagian besar petani di Kota Sukabumi berusia antara 50 hingga 60 tahunan.  Karena faktor usia setiap setiap bulan terus berkurang. Mereka meninggalkan lahan pertanian tanpa generasi penerus,” tuturnya.

    Selain itu, Mohamad Muraz mengatakan, lahan pertanian pun kini terus berkurang. Dari setahun sebelumnya mencapai kisaran 1.583 hektar, kini menyisakan kurang 1.468  hektar, karena terjadi alih fungsi yang dilakukan petani.

    “Kami akan mempertahankan dari upaya alih fungsi menjadi pemukiman dan kawasan industri,” tegasnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Gubernur Jabar Raih Penghargaan Paramakarya
    PKS Hormati Pilihan Gerindra Usung Mayjen Sudrajat
    Soal Yerussalem, Ini yang akan Dilakuan Indonesia
    Menko PMK Pastikan Bansos Rastra takkan Dihapus
    Tabrakan di Cipali, Istri Bupati Pidie Aceh Tewas
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google