web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Langgar Kesakralan Jumat Kliwon 6 Nelayan Disanksi
    net

    Langgar Kesakralan Jumat Kliwon 6 Nelayan Disanksi

    • Jumat, 22 September 2017 | 23:49:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Pangandaran – Kedapatan melaut pada malam Jumat kliwon sejumlah nelayan dan perahunya dikenakan sanksi. Hal itu dianggap melanggar aturan yang disakralkan oleh masyarakat nelayan di pesisir pantai bagian selatan, khususnya di Pangandaran. 

    Seperti yang dialami enam nelayan asal Kecamatan Kalipucang dan Sukabumi, mereka ditangkap dan diamankan oleh Satuan Polisi Perairan Pangandaran Polres Ciamis. Selain itu, tiga perahu beserta peralatannya juga ikut diamankan. Keenam nelayan tersebut dinilai telah melanggar adat dengan melaut pada malam jumat kliwon.

    Menurut Komandan Kapal Patroli Polisi Perairan Pangandaran Aitu Satijo, keenam nelayan asal Kalipucang dan Sukabumi tersebut nekat melaut pada malam Jumat kliwon, Kamis (21/9/2017) sekitar pukul 20.00 WIB.

    "Kami hanya mengamankan peralatannya saja setelah ada kesepakatan dengan para tokoh dan pengurus nelayan setempat untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan," tuturnya, Jumat (22/9/2017).

    Sementara keenam nelayan, kata Satijo, tidak dilakukan penahanan dan dipulangkan kerumahnya masing-masing.  "Kami hanya mengamankan tiga buah perahu yang ditambatkan di pantai barat dan tiga mesin yang diamankan di gudang markas Polair," kata dia.

    Sekretaris Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kab Pangandaran Fuad Husein, membenarkan soal adanya larangan bagi nelayan untuk tidak melaut pada malam jumat kliwon.  "Larangan itu hanya kearifan lokal saja, dan sudah diterapkan secara turun temurun," jelasnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Dana Desa Harus Fokus pada Kegiatan Padat Karya
    Cairkan Hubungan, Demiz Kunjungi DPD Gerindra
    Bertemu Ketum PPP, Emil Makin Yakin Dapat Dukungan
    Capai SDGs Kesehatan Perlu Kemitraan Multipihak
    Wujudkan Generasi Berkualitas dengan Kampung KB
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google