web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Aher Tebar 4,2 Benih Ikan di Waduk Jatigede
    net

    Aher Tebar 4,2 Benih Ikan di Waduk Jatigede

    • Kamis, 21 September 2017 | 22:40:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Sumedang – Benih ikan sebanyak 4,2 juta ekor diterbar Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Bupati Sumedang Eka Setiawan. Benih itu disebar di perairan Waduk Jatigede, tepatnya di Blok Sukaratu Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang, Kamis (21/9/2017).

    Aher mengatakan, sejak 2016 sampai September tahun 2017 ini, pemprov Jabar telah menebar sebanyak 27,2 juta ekor benih ikan dari berbagai jenis. Seperti Ikan Nila, Bandeng Tawar, Ikan Mas, Ikan Mas Beureum Panon, Patin, Udang Galah, Sepat Siam, Ikan Tambak, Lalawak serta Nilem. 

    “Sekarang kita restocking benih ikan sebanyak 4,2 juta ekor. Dan untuk program selanjutnya, kita juga berencana untuk menambah benih ikan, sebanyak 5 juta ekor pertahunnya,” ungkapnya.

    Supaya ikan yang ditebar itu dapat berkembangbiak dengan baik, Aher meminta masyarakat dapat turut menjaga ekosistem air. Di antaranya dengan tidak menggunakan jala, racun, atau semacamnya yang bisa mengganggu populasi serta ekosistem air saat melakukan penangkapan ikan. 

    “Siapa saja yang ingin mencari ikan di sini (perairan Waduk Jatigede) tidak dilarang. Namun alat tangkap yang diijinkan, yaitu menggunakan kail pancing,” pintanya.

    Disinggung tentang surutnya air pada Waduk Jatigede, sehingga belakangan banyak dikeluhkan para pencari ikan, Aher menerangkan, situasi itu merupakan hal yang normal dan bersifat alami.  Keadaan tersebut akan kembali pulih, seiring dengan tibanya musim hujan. 

    “Saya kira wajar  kalau pendapatan pemancing berkurang, karena ikan akan pindah ke tengah, dan itu bukan berarti berkurangnya populasi ikan,” terangnya. (*)

     

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Puan: PKH Jangan Dipakai Jajan atau Beli Pulsa
    Perpres Dana Abadi Pendidikan Segera Dituntaskan
    Peringatan Tsunami Dicabut, Warga Diminta Kembali
    Jabar Diguncang Gempa, Warga Diimbau Jauhi Pantai
    Menko PMK Minta Penyusunan Buku Dicek dan Ricek
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google