web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Kekeringan, Warga Garut Cari Air ke Sungai
    net

    Kekeringan, Warga Garut Cari Air ke Sungai

    • Kamis, 21 September 2017 | 22:38:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Garut – Sejumlah wilayah di Kabupaten Garut sudah dilanda kekeringan di musim kemarau ini. Namun sampai sekarang belum ada tanda-tanda perhatian dari Pemkab Garut. 

    Seperti yang terlihat di warga Kampung Kondang, Desa Kertajaya, Kecamatan Cibatu, untuk mendapatkan air bersih harus mencari ke sungai Cimanuk yang jaraknya lebih dari 5 Km.

    Perjuangan masyarakat Kampung Kondang untuk mendapatkan air bersih harus berjalan kaki, menyusuri lahan perkebunan. Selain mengambil dari sungai cimanuk, sebagian warga lebih memilih mengambil dari sumber mata air yang ada di tengah sawah.

    Salah satu warga Sumirah (50) mengatakan, kekeringan sudah dirasakan sejak tiga bulan terakhir. Bahkan, saat ini kondisinya sudah sangat parah. Banyak warga yang memanfaatkan air kotor untuk mencuci pakaian dan mandi.

    "Sudah sangat sulit untuk mendapatkan air bersih, kami bersama warga kerap menggunakan air kotor yang berada di sungai Cimanuk dan sawah," terangnya, Kamis (21/9/2017).

    Menurut Sumirah, sejak sumur mengering dan sudah tidak ada lagi air bersih, bersama kaum wanita lainnya, harus rela berjalan hingga 5 Km menuju sungai cimanuk. Sumber air yang setiap hari dugunakan bukanlah air yang jernih, melainkan air yang sudah bercampur dengan tanah. Apalagi yang dari sungai cimanuk telah tercampur dengan sampah. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Capai SDGs Kesehatan Perlu Kemitraan Multipihak
    Wujudkan Generasi Berkualitas dengan Kampung KB
    Pemerintah Revitalisasi Pendidikan Kejuruan
    Aher Masuk Daftar Kandidat Capres dari PKS
    Ini Aturan Baru Transportasi Online
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google