web stats service from statcounter

Hot News

  • Emil Akan Panggil PT Agronesia
    Emil Akan Panggil PT Agronesia
    • 20 September 2018 | 10:04:00 WIB

    GUBERNUR Jabar mengaku tidak mengetahui adanya tunggakan iuran BPJS karyawan PT Agronesia.

Inspirasi

    Tunggakan PBB di Pemkab Sumedang Mencapai 4 Miliar
    net

    Tunggakan PBB di Pemkab Sumedang Mencapai 4 Miliar

    • Kamis, 21 September 2017 | 14:45:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Sumedang – Tunggakan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Pemkab Sumedang mencapai Rp 4 miliar. Hal ini seiring dengan kewenangan pengelolaan PBB yang dilimpahkan Pemerintah Pusat ke daerah pata tahun 2014.

    Di sisi lain adanya penyerahan kewenangan itu semua daerah dihadapkan dengan berbagai persoalan yang pelik. “Persoalannya, pelimpahan  kewenangan  pengelolaan PBB dari Pemerintah Pusat ke daerah  itu, berikut dengan berbagai permasalahannya, termasuk  soal tunggakan,” kata Kepala Bidang Pelayanan dan Verifikasi Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Sumedang, Andri IW.  

    Parahnya lagi, tunggakan  PBB yang dibebankan itu, datanya  tidak terinci secara detail.  Baik itu yang menyangkut nama wajib pajak (WP) maupun objek pajak (OP).  “Setiap tahun tunggakan yang merupakan bagian dari pelimpahan kewenangan pengelolaan PBB itu, sebesar Rp 4 miliar selalu muncul. Tunggakan itu pun, di luar DHKP (daftar himpunan ketetapan pajak), yang mencapai Rp 33 miliar,” ungkapnya.

    Hal itu berdampak terhadap penghimpunan PBB yang dilakukan oleh kolektor di tingkat desa. Bahkan dengan alasan wajib pajak (WP) penunggak, sesuai dengan tercantum dalam  SPPT (surat pemberitahuan pajak terhutang) sulit ditemui, bahkan domisilinya tidak diketahui, akhirnya pihak desa yang bersangkutan mengajukan permohonan TO (tanpa objek) atas bidang tanah dan bangunan tersebut.

    “Kondisi tersebut, menjadi beban mereka. Karena setiap tahun, objek pajak yang wajib pajaknya tidak ditemukan, tagihan tunggakannya selalu muncul,” jelasnya. (*)

     

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Emil Akan Panggil PT Agronesia
    PT Agronesia Diduga Tilep Dana BPJS Rp3,6 Miliar
    Atasi Masalah, Emil Launching Jabar Quick Response
    Emil Harus Segera Rombak Birokrasi Pemprov Jabar
    Baru 2 Pekan jadi Gubenur, Emil Dapat Penghargaan
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google