web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Gadis Cilik dengan Jantung di Luar Tubuh

    Gadis Cilik dengan Jantung di Luar Tubuh

    • Rabu, 20 September 2017 | 21:46:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews – Anda mungkin pernah menonton film Crank yang dibintangi oleh Jason Statham. Dalam film itu, tokoh utama Chev Chelios kehilangan jantungnya akibat dioperasi secara paksa. Namun berkat jantung elektronik, Chev tetap bisa hidup. Meski begitu, ketika baterai jantung elektronik itu melemah, Chev pun jadi tak berdaya. Dia butuh setrum untuk mengembalikan kekuatannya.

    Kisah tentang manusia dengan jantung di luar tubuh, ternyata bukan isapan jempol. Di dunia nyata, ada Virsaviya Borun, 8, seorang bocah perempuan Rusia yang memiliki jantung di luar tubuh. Kelainan itu dialami Virsaviya sejak lahir.

    Beruntung, Virsaviya sehat wal afiat. Namun, kondisi tersebut membuat orang tuanya khawatir. Karena itu, mereka mencari upaya agar Versaviya bertubuh normal. Maka, gadis cilik cantik tersebut dibawa ke Florida, Amerika Serikat untuk menjalani operasi.

    Virsaviya Borun, menderita thoraco-abdominal syndrome atau dikenal dengan Pentalogy of Cantrell. Kondisi yang diderita oleh lima juta orang di dunia itu, membuat jantung penderitanya berlokasi di luar dada. Dengan kondisi tersebut, jantung Borun hanya terlindung lapisan kulit tipis. Sebagian tulang dada, otot diafragma, dan perutnya turut hilang.

    Kondisi Versaviya mulai diketahui publik pada 2015, ketika ibunya membuka penggalangan dana untuk membiayai pengobatan gadis cilik tersebut. Hingga Agustus 2016, dana terkumpul mencapai lebih dari USD71.000.

    Borun, yang senang menari dan menggambar itu, kisahnya pernah diangkat dalam serial BBC berjudul Incredible Medicine: Dr Weston's Casebook pada Februari tahun ini. Selama operasi berlangsung, ibu Versaviya mendampingi. "Ini adalah jantungku. Aku satu-satunya orang yang memiliki ini. Ketika aku memakai baju, aku menaruh kain lembut di atasnya agar aku tak merasa sakit," ujar Borun. (*)

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Kasus Unik. Keledai Makan McLaren 650S Spider
    Sedang Foto Pernikahan, Pria Ini Tolong Anak-anak
    Robot Kecoa Bantu Manusia saat Bencana
    Lihat Penampakan, Dua Anjing Ketakutan
    Kota Kuno Qalatga Darband Ditemukan
    Berita Terdahulu

    Editorial