web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Turah Wakili Indonesia di Piala Oscar 2018

    Turah Wakili Indonesia di Piala Oscar 2018

    • Rabu, 20 September 2017 | 21:42:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews – Sinema garapan anak negeri kini mulai dilirik para sineas dunia. Salah satunya film Turah karya sutradara Wicaksono Wisnu Legowo. Film yang merekam keseharian masyarakat Tegal itu akan dikirim ke perhelatan ke-90 Piala Oscar 2018 untuk mewakili Indonesia di kategori Best Foreign.

    Turah dipilih dari sekitar 130 film lain oleh komite khusus bentukan Persatuan Perusahaan Film Indonesia. "Film produksi Empat Warna Media (fourcolours) berjudul Turah terpilih sebagai film pilihan Komite Seleksi Indonesia untuk penghargaan Piala Oscar 2018 kategori film bahasa asing," kata Ketua Komite Seleksi Indonesia Christine Hakim.

    Menurut Christine, Turah dipilih karena memiliki kekuatan yang terletak pada kejujuran dan kesederhanaan dari segi tematik dan pengerjaan. Konten cerita Turah pun bicara soal kejujuran di antara kepalsuan hidup. "Jujur sekali pembuat filmnya. Tidak ada pretensi untuk membuat film yang genit atau kultural edukatif atau mau menjual kemiskinan," ujar aktris pemeran Cut Nyak Dien ini.

    Film Turah, ungkap Christine, mengangkat krisis moral yang terjadi di belahan dunia manapun. Pesan tersebut disampaikan sangat kuat, sederhana, dan jujur. Para aktor dan aktris yang terlibat di film ini pun jujur karena tak ada bintang terkenal. “Mereka pemain teater dan performa mereka kuat sekali. Komite berdiskusi soal film mana yang dapat menarik perhatian dan sesuai dengan karakteristik Oscar sebagai festival film,” tutur Christine.

    Turah menjadi film ke-19 dari Indonesia yang dikirim ke Oscar untuk kategori film berbahasa asing. Film pertama adalah Nagabonar (1987) garapan MT Risyaf yang dikirim ke Piala Oscar ke-60. Komite seleksi terdiri dari 13 orang. Selain Christine, ada Alim Sudio, Benni Setiawan, Fauzan Zidny, Firman Bintang, Jenny Rachman, Marcella Zalianty, Mathias Muchus, Reza Rahadian, Roy Lolang, Tya Subiyakto, Wina Armada, dan Zairin Zain. (*)

     

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Merapi tak Pernah Ingkar Janji
    Jogja Memang Selalu Memberi Kejutan bagi Para Pelancongnya
    Pramugari Perhatikan Empat Hal Ini kepada Penumpang saat Terbang
    Toyota Starlet Segera Dibangkitkan, Ini penampakannya
    Hotel 88 Alun Alun Bandung Resmi Dibuka

    Editorial