web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Museum Kota Bandung Segera Dibuka
    istimewa/humas pemkot bandung Emil saat meninjau pembangunan Museum Kota Bandung

    Museum Kota Bandung Segera Dibuka

    • Rabu, 20 September 2017 | 06:03:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Bertepatan dengan Hari Jadi ke-207 Kota Bandung, Pemkot Bandung berencana membuka Museum Kota Bandung yang berlokasi di bekas Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung, Jalan Aceh Kota Bandung.

    Museum ini akan menampilkan perjalanan panjang Kota Bandung sejak berdirinya pada 25 September 207 tahun silam di zaman kolonial Belanda, hingga saat ini.

    “Saya ingin menerjemahkan nasihat Bung Karno, Jas Merah, jangan sekali-sekali melupakan sejarah," ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat meninjau pembangunan museum, Selasa (19/9/2017).

    Emil mengaku ingin mengabadikan peristiwa perjalanan sejarah Kota Bandung tersebut menjadi sebuah ruang edukatif bernama museum. Sebelumnya, Pemkot elah membangun Taman Sejarah dan Anjungan Perencanaan Bandung (Bandung Planning Gallery) untuk memberikan edukasi tentang perkembangan kota.

    “Sudah beres 100% untuk Taman Sejarah dan Planning Gallery. Sifatnya pembangunan masa lalu, masa kini, dan masa depan. Ini namanya Museum Kota Bandung untuk kota sehebat Bandung yang selama ini tidak punya museum yang komprehensif,” papar Emil.

    Museum Kota Bandung ini terdiri dari 2 gedung utama. Gedung pertama adalah gedung bersejarah yang masih dalam tahap perbaikan. Sementara gedung kedua adalah gedung baru yang dibangun setinggi 3 lantai.

    Di gedung baru tersebut, telah disiapkan konten-konten museum yang sebagian besar menerangkan tokoh dan peristiwa-peristiwa bersejarah di Kota Bandung. Seperti terbentuk Kota Bandung pada masa Bupati RA Wiranatakusumah II hingga era pemerintahan sekarang. Sebagian isi museum akan didatangkan dari Leiden, Belanda. Ada sekitar 3.000 foto dan dokumen yang diizinkan untuk diduplikasi dan dipajang di museum ini.

    Pemkot juga menerima sumbangan dari warga yang memiliki benda-benda bersejarah untuk dijadikan koleksi, untuk memperkaya museum. “Saatnya kita kumpulkan, kita jadikan itu sebagai artefak untuk dokumentasi generasi baru,” pungkasnya. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Stasiun Bandung Direvitalisasi jadi Berkelas Dunia
    Pengemudi Online dan Konvensional Berdamai
    Tolak Rumah Deret, Warga Tamansari Demo Balai Kota
    Sopir Taksi Online Diserang Orang Tak Dikenal
    Bikin Macet,Kapolda Minta Terminal Ledeng Dipindah
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Pilwalkot Bandung 2018