web stats service from statcounter

Hot News

  • Dana Desa Bisa Ciptakan 15 Juta Lapangan Kerja
    Dana Desa Bisa Ciptakan 15 Juta Lapangan Kerja
    • 21 November 2017 | 06:48:00 WIB

    MENTERI Menteri Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo yakin mulai tahun depan Dana Desa akan dapat menciptakan jutaan lapangan kerja.

Inspirasi

    Festival Keraton Nusantara di Cirebon Dibuka
    net

    Festival Keraton Nusantara di Cirebon Dibuka

    • Sabtu, 16 September 2017 | 23:05:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Cirebon - Festival Keraton Nusantara XI dibuka secara resmi, Sabtu (16/9/2017). Pembukaan dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat, Sultan Sepuh XIV, dan Wali Kota Cirebon di alun alun Keraton Kasepuhan. Pembukaan FKN yang dihadiri lebih dari 100 keraton dan kesultanan dalam dan luar negeri ini.

    Pada festival ini juga dimeriahkan oleh kirab agung prajurit keraton. Atraksi yang ditampilkan prajurit keraton dari 47 keraton dan kesultanan, menyedot perhatian ribuan warga. Mereka memadati alun-alun dan jalan-jalan yang dilalui arak-arakan prajurit keraton.

    Sejumlah kesultanan ikut menyertakan kereta kencana kerajaan dalam arak-arakan atau kirab agung prajurit keraton ini. Kontingen Keraton Surakarta Hadiningrat selain membawa dua kereta kencana juga menampilkan tiga prajurit berkuda perempuan. Ketiganya diperankan oleh tiga putri kerabat keraton.

    Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan, momentum festical Keraton Nusantara benar-benar memperlihatkan kebhinekaan bangsa Indonesia. Kebhinekaan bukan sekadar fakta sejarah tapi lebih merupakan fitrah kehidupan dan kecintaan semesta akan Bangsa Indonesia.

    “Melalui festival ini harus menjadi momen untuk harus selalu menguatkan komitmen menjaga keberagaman dan kebhinekaan, “ tuturnya.

    Untuk itu,  kata Aher,  Festival Keraton Nusantara bukan hanya ajang silaturahmi. Namun juga penting untuk menjaga persatuan serta kesatuan bangsa. Even seperti ini, lanjutnya, juga penting sebagai upaya melestarikan seni dan budaya. Dalam konteks kebangsaan,  kata Aher,  FKN menjadi khasanah yang sangat menarik sebagai upaya menjaga nilai-nilai keberagaman.

    Dalam konteks budaya dan ekonomi,  sangat penting juga sebagai upaya pelestarian seni dan budaya yang bisa menjadi daya tarik pariwisata, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. “Sejarah mencatat, keraton dan kesultanan merupakan embrio lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia,” sebutnya. (*)

     

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Inilah Kriteria Desa Layak Program Padat Karya
    KKN Dilanjutkan dengan Tematik Revolusi Mental
    Dana Desa Padat Karya Ratakan Peredaran Uang
    PPP Optimistis Uu Dampingi Emil di Pilgub Jabar
    Kebijakan Satu Data Turunkan Angka Kemiskinan
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Teladani Semangat Pahlawan
      Teladani Semangat Pahlawan

      HARI Jumat (10/11/2017) ini bangsa Indonesia memeringati Hari Pahlawan. Tanggal 10 November mencatat peristiwa besar.

      Advertisement On Google