web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Atasi Kekeringan Warga Sukabumi Minta Hujan Buatan
    net

    Atasi Kekeringan Warga Sukabumi Minta Hujan Buatan

    • Sabtu, 16 September 2017 | 07:43:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Sukabumi – Air bersih menjadi barang yang sangat mahal bagi warga di wilayah Sukabumi, bagian selatan. Ini dikarenakan sejak musim kemarau ini debit air menurun drastis sehingga warga sangat kesulitan untuk mendapatkan air bersih guna memenuhi kebutuhan sehari-haru.

    Bahkan kekeringan yang kini melanda 57 desa yang tersebar di 23 kecamatan di seluruh wilayah Kabupaten Sukabumi pun dikhawatirkan meluas . Apalagi warga pun kian kesulitan untuk mendapat air bersih  seiring sungai dan sumber mati air terancam kering.

    “Pemerintah harus mencari solusi dari persoalan ini, misalnya dengan membuat hujan buatan,” kata salah seorang warga Ciemas, Aden Mulyana, Jumat (15/9/2017).  

    Dia mengatakan kendati pemerintah telah menyalurkan distribusi air bersih kepada warga, tapi upaya yang dilakukan dinas terkait masih belum optimal. Kebutuhan warga untuk mendapatkan air bersih relatif besar. Sedangkan pasokan dari tangki-tangki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Sukabumi sangat terbatas.

    Data dari BPBD Kabupaten Sukabumi, kini kekeringan terus bertambah dan tidak hanya membayang-bayangi seluruh Sukabumi  Selatan. Lebih dari itu mengancam beberapa kecamatan di bagian Sukabumi Utara. Sedangkan jumlah warga yang terpapar kini mencapai 16.681 keluarga atau 53.822 jiwa.

    “Untuk penanganan kekeringan, Pemkab Sukabumi telah menetapkan status siaga darurat kekeringan dan kebakaran hutan dari 1 agustus sampai dengan 30 Oktober  mendatang,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sukabumi,  Usman Susilo. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Wali Kota Nilai Pengusaha Angkutan Online Arogan
    PLN Area Cirebon Setiap Bulan Rugi Rp 1,1 Miliar
    Tenggak Eximer 12 Remaja Keracunan dan Dirawat
    5 SD di Sumedang Terkena Proyek Tol Cisumdawu
     Pelaku Pembunuhan Laki Sesama Jenis di Dibekuk
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google