web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Atasi Kekeringan, Pemkab Ciamis Buat 39 Sumur Bor
    net

    Atasi Kekeringan, Pemkab Ciamis Buat 39 Sumur Bor

    • Sabtu, 16 September 2017 | 07:34:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Ciamis – Pemkab Ciamis sedang melakukan survei pembuatan 39 titik sumur bor. Keberadaan sumur itu akan tersebar di berbagai wilayah yang saat ini mengalami krisis air bersih.

    "Kami masih survei lokasi pembuatan sumur bor untuk warga yang diharapkan bisa membantu warga dalam mengatasi kesulitan air bersih,” tutur Kepala Bidang Perumahan Rakyat dan Permukiman, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Ciamis Tino Armyanto, Jumat (15/9/2017).

    Saat ini tengah dikerjakan 32 titik, dan tahun depan ada lagi bantuan untuk sebanyak 39 titik sumur bor. Untuk memastikan kedalaman air maka harus melalui survei geolistrik.

    Beberapa kecamatan yang mendapat bantuan tersebut, di antaranya Kecamatan Cipaku, Ciamis, Cidolog, Baregbeg, Sindangkasih, Cihaurbeuti, Panawangan, Sadananya, Panumbangan, Kawali, dan Tambaksari. Untuk mendapatkan bantuan tersebut, syarat yang harus dipenuhi oleh pihak desa, yakni lokasi yang sudah dibebaskan, serta kelompok yang mengelola sumur bor. 

    "Status tanah harus bebas karena untuk mengantisipasi kemungkinan klaim di kemudian hari,” ujarnya.

    Sumur bor tersebut harus dikelola dengan baik, sehingga memberikan manfaat besar bagi masyarakat. Nantinya fasilitas tersebut juga diarahkan sebagai salah satu kegiatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) sehingga warga membayar air bersih yang dinikmatinya.  

    "Sumur ini tentu membutuhkan listrik, pemeliharaan dan lainnya. Dengan demikian warga yang menikmati air juga membayar sesuai dengan aturan yang ditetapkan desa,” tandasnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    PSM ITB Ikuti Kompetisi Paduan Suara Internasional
    Pemerintah Fokus Bangun Infrastruktur di Jabar
    Sumedang Sinkronkan Program dengan Pemprov Jabar
    Lingkungan Hidup jadi Bahasan Utama PK dan INTOSAI
    Pendiri PKS Jadi Caleg PDIP
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Memilih
      Selamat Memilih

      PEMILIHAN Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 resmi dihelat Rabu, 27 Juni 2018 ini.

      Advertisement On Google