web stats service from statcounter

Hot News

  • Tinggalkan Persib, Ini Pesan Emral Abus
    Tinggalkan Persib, Ini Pesan Emral Abus
    • 22 November 2017 | 08:09:00 WIB

    EMRAL Abus tak akan lagi menangani tim Persib pada musim 2018, setelah kontraknya berakhir seiring usainya kompetisi Liga 1 2017.

Inspirasi

    Kecamatan Cililin di KBB Dikukuhkan Sebagai KSB
    net

    Kecamatan Cililin di KBB Dikukuhkan Sebagai KSB

    • Sabtu, 16 September 2017 | 07:29:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung Barat - Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat dikukuhkan sebagai Kampung Siaga Bencana (KSB). KSB ini bertujuan untuk meminimalisasi korban akibat bencana alam yang rawan terjadi di daerah tersebut.

    Pengukuhan Kampung Siaga Bencana Desa/Kecamatan Cililin dilakukan Direktur Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Adhy Karyono dan dihadiri langsung oleh Bupati Bandung Barat Abubakar juga dikukuhkan sebagai Ketua Pembina Kampung Siaga Bencana.

    “Desa Cililin ini merupakan KSB ke-69 di Jawa Barat dan ke-524 secara nasional dan KBB memiliki indeks kerawanan bencana peringkat 15 di Jabar,” ungkap Adhy.

    Menurutnya untuk yang termasuk kategori tinggi dari sisi kebencanaan di Jabar yang paling tinggi adalah Cianjur. Tapi dengan perubahan iklim seperti sekarang, bisa jadi Bandung Baratmemiliki potensi rawan bencana yang lebih tinggi.

    Dia menjelaskan, KSB dibentuk untuk meminimalisasi dampak bencana alam. Anggotanya berisikan masyarakat dari berbagai elemen yang dinilai mengetahui potensi bencana di wilayahnya.

    Diharapkan personel KSB diharapkan dapat menjadi garda terdepan dalam melakukan penyelamatan terhadap para korban bencana alam. Nantinya, mereka juga akan berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Taruna Siaga Bencana, Palang Merah Indonesia, dan Pemadam Kebakaran.

    "Kami sudah memberikan pelatihan mengenai SOP penanganan bencana. Dengan pelatihan ini, diharapkan KSB bisa menjadi yang pertama kali terjun untuk melakukan penyelamatan," tuturnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Pemkab Gencar Sosialisasikan Safari KKBPK
    Intensif Ketua RT dan RW di KBB Dinaikkan
    Warga Tuntut Pengukuran Ulang Lahan KA Cepat
    Prajurit TNI Disiapkan Tumpas Separatis di Papua
    Demografi jadi Bisa Jadi Masalah di Indonesia
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Teladani Semangat Pahlawan
      Teladani Semangat Pahlawan

      HARI Jumat (10/11/2017) ini bangsa Indonesia memeringati Hari Pahlawan. Tanggal 10 November mencatat peristiwa besar.

      Pilwalkot Bandung 2018