web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Dubes di Banglades Terus Hitung Kebutuhan Rohingya
    net Presiden dan Menko PMK melepas bantuan ke Rohingya

    Dubes di Banglades Terus Hitung Kebutuhan Rohingya

    • Jumat, 15 September 2017 | 21:05:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Chittagong - Duta Besar RI untuk Bangladesh Rina Soemarno mengatakan bantuan kemanusiaan pemerintah Indonesia bagi pengungsi Rohingya yang dititipkan kepada pemerintah Bangladesh akan dikirim secara bertahap.

    Hingga saat ini, kata Rina, pihaknya masih terus melakukan penghitungan kebutuhan darurat bagi pengungsi Rohingya.

    "Jadi pengiriman barang juga mesti dilakukan secara seksama dan pelan-pelan. Dan memungkinkan juga gudang pemerintah tidak terlalu penuh dengan barang karena pemerintah daerah juga akan menyalurkan barang itu ke wilayah gudang mana di Coxs Bazar," kata Rina saat jumpa pers di Chittagong, Bangladesh seusai rakor penyaluran bantuan kemanusiaan bagi pengungsi Rohingya, Jumat (15/9/2017).

    Rina menyebutkan, peninjauan kebutuhan ke daerah-daerah pengungsian perlu dilakukan kembali untuk melihat bantuan apa saja yang dibutuhkan oleh para pengungsi agar bantuan tepat guna. Rencananya pada Sabtu (16/9/2017) ini, tim peninjau bersama BNPB akan melakukan need assessment di daerah pengungsian di Coxs Bazar.

    "Yang besok akan dilakukan adalah kunjungan ke sana untuk mencocokkan apa yang kita punya dengan kondisi di lapangan. Jangan sampai barang yang kita kirimkan ternyata disini tidak bisa dipakai," ujar Rina.

    Indonesia telah mengirimkan bantuan kemanusiaan bagi pengungsi Rohingya dan diterima oleh pemerintah Bangladesh pada Kamis (14/9/2017) terdiri dari beras 10 ton, tenda 10 unit, dan selimut 7.000 helai.

    Perwakilan pemerintah Bangladesh telah menerima kiriman bantuan itu dan akan mendistribusikannya kepada organisasi kemanusiaan internasional untuk dibagikan kepada warga Rohingya.

    "Kami berterimakasih kepada pemerintah Indonesia. Peran ini sangat tepat bagi etnis Rohingya yang mengungsi di Bangladesh," kata Deputy Commissioner Chittagong Md Zillur Rahman Chowdhury, Kamis (14/9/2017.

    Sementara itu, 2 pesawat C130 Hercules TNI AU kembali tiba di Bandara Hazrat Shah Amanat pada Jumat (15/9/2017) pukul 17.00 dan 19.00 waktu setempat membawa bantuan family kit, logistik dan beras.

    Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani menyatakan, masalah kemanusiaan yang menimpa pengungsi Rohingnya di Myanmar menjadi tanggung jawab kita semua. Wujud nyata perhatian pemerintah dan masyarakat Indonesia adalah dengan melakukan berbagai penggalangan bantuan secara bergotong royong untuk disalurkan kepada pengungsi Rohignya.

    Menurutnya, semangat dan sikap gotong royong ini sangat penting karena inilah jati diri bangsa Indonesia. "Saya selaku Menko PMK atas nama pemerintah dan pribadi, mengucapkan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarmya kepada seluruh komponen masyarakat Indonesia atas bantuan yang telah diberikan," katanya. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Wali Kota Nilai Pengusaha Angkutan Online Arogan
    PLN Area Cirebon Setiap Bulan Rugi Rp 1,1 Miliar
    Tenggak Eximer 12 Remaja Keracunan dan Dirawat
    5 SD di Sumedang Terkena Proyek Tol Cisumdawu
     Pelaku Pembunuhan Laki Sesama Jenis di Dibekuk
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google