web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Patagotitan, Dinosaurus Raksasa Setara Airbus

    Patagotitan, Dinosaurus Raksasa Setara Airbus

    • Kamis, 14 September 2017 | 21:00:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews – Sudah bukan rahasia lagi, hewan raksasa yang pernah hidup di muka bumi jutaan tahun lalu adalah Dinosaurus. Dari sekian banyak jenis Dinosaurus, yang terbesar adalah Patagotitan Mayorum.

    Belum lama ini, tim ilmuwan Inggris menemukan fosil hewan superraksasa tersebut di Argentina. Para ilmuwan mengklaim, ukuran Patagotitan semasa hidup lebih dari tiga bus yang jajarkan. Artinya, ukuran hewan ini menyamai ukuran panjang pesawat penumpang airbus.

    Bisa dibayangkan betapa besarnya Patagotitan. Bahkan, jika dibandingkan Tyrano Saurus Rex (T-Rex), hewan ini jauh lebih besar. T-Rex bisa dibilang hewan kerdil bagi Patagotitan. Berat hewan purba raksasa itu mencapai 61 ton dengan panjang 35 meter lebih. Tinggi dari tanah ke bagian bahunya mencapai enam meter. Bobot dinosaurus ini lebih berat dari pesawat Boeing 737.

    Diklasifikasikan sebagai bagian dari grup Titanosaurus, Patagotitan Mayorum diyakini hidup 100 juta tahun silam di periode Cretaceous. Sebagai Sauropoda, Patagotitan diyakini sebagai herbivora atau pemakan tumbuhan berkaki empat yang memiliki ekor dan leher panjang. 

    Enam fosil Patagotitan, yang meliputi bagian tulang belakang serta rusuk, ditemukan di sebuah situs arkeologi di provinsi Chubut, Patagonia, Argentina, pada 2013. Penemuan enam dinosaurus di satu lokasi menunjukkan bukti bahwa kelompok titanosaurus terlibat dalam aktivitas sosial. 

    Kepala Riset Dr Jose Carballido dari Museo Paleontologico Egidio Feruglio Argentina mendeskripsikan Patagotitan mayorum sebagai spesies dinosaurus terbesar.  Spesies Argentinosaurus sebelumnya disebut sebagai dinosaurus terbesar, namun estimasi bobot tubuh 79 ton tidak didasarkan kepada ukuran kaki-kakinya, sehingga tidak dapat diyakini 100%. 

    Para peneliti menyebut tulang belakang dari Argentinosaurus mengindikasikan ukurannya 10% lebih kecil dari Patagotitan Mayorum. Patagotitan Mayorum bisa tumbuh sangat besar karena banyak tanaman berbunga selama perideo Cretaceous.  "Saya yakin mereka tidak mengerikan sama sekali. Mereka adalah hewan besar dengan gerakan lamban," kata Diego Pol, seorang peneliti. (*)

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Gitar Listrik dari Lego
    Ikan Hiu Ini Menyala Dalam Gelap
    Pakistan Girl, Kampanye Perangi Korupsi
    Asyik Lihat GPS, Pria dan Mobilnya Masuk Sungai
    Penggemar Ular Tewas di Tangan Piaraannya
    Berita Terdahulu

    Editorial